SMPN 40 Pekanbaru Lantik Anggota PIK-R dan Polisi Lingkungan


riaupotenza.com
Kepala SMPN 40 Pekanbaru, Khairul Anwar didampingi jajaran guru foto bersama anggota PIK-R dan Polisi Lingkungan usai dilantik.

PEKANBARU (RPZ)-Upaya meningkatkan mutu pendidikan dan dalam rangka mendukung program Walikota Pekanbaru, yakni menciptakan sekolah yang berkualitas serta mewujudkan Kota Pekanbaru Smart City Madani, SMPN 40 Pekanbaru melantik Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan Polisi Lingkungan, Senin (4/3).

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala SMPN 40 Pekanbaru, H Khairul Anwar MPd di halaman sekolah. Dihadapan seluruh warga sekolah, Khairul berharap dengan terbentuk dan dilantiknya PIK-R sekolah, akan terbentuknya generasi berencana yang berkarakter, sehat, cerdas dan ceria. 

''PIK-R R ini memiliki beberapa tugas, yakni memperkenalkan kepada siswa tentang No sex bebas, NAFZA, HIV dan pernikahan dini. Selain itu juga memperkenalkan tentang Keluarga sehat, sejahtera,'' ujar Khairul.

Anggota PIK-R sendiri, lanjut Khairul ada beberapa siswa pilihan yang dibina langsung oleh beberapa guru selaku pendamping. Jadi, boleh dikatakan bahwa PIK-R ini adalah wadah informasi dan konseling sebaya. 

''Para siswa dapat berkonsultasi dengan teman sebaya. Dengan demikian bisa menjadi generasi berencana dan mampu mempersiapkan diri menjadi generasi emas yang cakap, berkarakter, sehat dan berkualitas,'' tambahnya.

Dijabarkan Khairul, polisi lingkungan sendiri bertugas membantu pihak sekolah untuk menerapkan lingkungan sekolah yang bersih dan hijau.

"Dengan dilantiknya polisi lingkungan, diharapkan akan menumbuh kembangkan budaya cinta lingkungan bersih, indah, hijau, nyaman dan asri,  Pelantikan PIK-R  dan Polisi Lingkungan akan dapat mendongkrak SMPN 40 Pekanbaru menjadi sekolah terbaik di Kota Pekanbaru,'' ungkap Khairul.pms