Industrial Engineering Games XIV

Siswa SMAN 8 Torehkan Prestasi di Kancah Nasional


riaupotenza.com
Kepala SMAN 8 Pekanbaru, Tavip Tria Chandra foto bersama dua siswa yang mengukir prestasi di kancah nasional.

PEKANBARU (RPZ)-Kualitas pendidikan di SMAN 8 Pekanbaru tak perlu diragukan lagi. Berstatus sebagai sekolah favorit dan gudangnya pelajar-pelajar pintar, beragam prestasi membanggakan terus diukir.

Tak hanya prestasi skala kota ataupun provinsi, prestasi skala nasional dan internasional pun kerap diraih para pelajar terbaik sekolah yang berada di Jalan Abdul Muis, Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail itu.

Terbaru, dua siswa SMAN 8, M Fairus Azfa Elsubeza dan Fadhil Aldito Putra berhasil menorehkan prestasi di kancah nasional. Kedua siswa yang duduk di bangku kelas X IPA 9 itu mampu meraih Juara Harapan III Industrial Engineering Games XIV yang ditaja Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, 6-9 Februari.

''Penyisihan dilakukan secara offline seluruh Indonesia. Peserta mencapai 2.300 orang. Pada tahap ini diambil 30 besar untuk ke babak selanjutnya,'' ujar Fairus dan Fadhil.

Mereka menjelaskan, berdasarkan hasil penilaian tim juri, mereka dinyatakan lolos ke babak 30 besar dan berhak melajut ke semifinal yang digelar di Surabaya.

''Pada babak semifinal ini ada 4 tahap, yakni kunjungan kerja ke pabrik, work mall, scribble, beating dan running lab. Adapun materi yang diuji adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Fisika, Tes Potensi Akademik serta Teknik Industri,'' paparnya.

Menanggapi prestasi para siswa tersebut, Kepala SMAN 8 Pekanbaru, Tavip Tria Candra SPd menyebutkan, pencapaian itu tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh guru-guru SMAN 8 Pekanbaru. Diakuinya, sekolah selalu memberikan pembinaan dan motivasi serta kesempatan bagi siswa maupun guru untuk mengikuti berbagai event lomba dan support biaya lomba.

''Sudah menjaditanggung jawab bersama untuk mendidik dan menjadikan para siswa-siswi punya prestasi dan kualitas sumber daya manusia yang bisa diandalkan. Memiliki kedisiplinan yang tinggi, berbudi pekerti yang baik, serta punya kepedulian sosial dan lingkungan yang besar,'' ungkap Tavip.
 
Dijabarkannya, pencapaian tersebut tidak mudah, butuh kerja keras dan ketekunan. ''Kami juga terus memantapkan tekad untuk selalu memberikan yang terbaik bagi SMAN 8 Pekanbaru. Prestasi yang sudah diraih pun berusaha terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,'' lanjutnya. 

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 8 Pekanbaru bidang Humas, Amri MPd menjelaskan, raihan siswa SMAN 8 Pekanbaru merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi sekolah.

''Adanya support yang diberikan oleh pihak sekolah, diharapkan mampu menunjang semangat serta keaktivan siswa dalam belajar sehingga bisa mengukir prestasi yang lebih baik dan membanggakan,'' beber Amri.yan