Diamuk Sijago Merah, Arsip SMPN 1 Kuala Kampar Ludes


riaupotenza.com
Si jago merah dengan cepat melahap bangunan SMPN 1 Kuala Kampar.

KUALAKAMPAR (RPZ) - Kobaran api mengganas setelah saat maghrib sekitar pukul 18.35 WIB, Ahad (10/2/2019). Sijago merah dengan cepat melahap bangunan SMPN 1 Kuala Kampar. Tidak semua bangunan yang ludes. Tapi paling tidak, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha Ruang Arsip dan gudang sekolah yang beralamat di Jalan Panglima Sampan Kelurahan Teluk Dalam itu rata dengan tanah. 

Meski belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Namun kuat dugaan api yang pertama sekali datang dari arah gudang sekolah itu dikarenakan konsleting arus listrik. Mirisnya lagi. Selain kerugian materi yang belum dapat ditaksir, dokumen dan arsip milik sekolah semua menjadi debu tak ada yang bisa diselamatkan. 

''Inna lillahi wa inna ilaihi raa ji'uun. Sekolah SMP 1  Kuala Kampar terbakar. 3 lokal, kantor kepala beserta Tu jadi arsip/dokumen tidak dapat di selamatkan mohon doanya semuga KBM tetap istiqomah amiin,'' kata salah seorang guru Rifi Ahmad yang ditulis pada dinding akun media sosial miliknya. 

''Penyebab kebakaran belum diketahui. Kemungkinan konsleting listrik pas selesai sholat Maghrib,'' imbuhnya. 

Terpisah Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, S.Ik melalui Paur Humas Ipda Leonardo Sitanggang, Senin (11/2) membenarkan musibah kebakaran yang menghanguskan 3 unit bangunan SMPN 1 Kuala Kampar. 

''Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa dan kerugian materil belum dapat ditaksir,''jelasnya sambil merinci bangunan yang terbakar yakni gudang sekolah, ruang kepala sekolah dan ruang TU/Arsip. 

Disebutkan, sekira pukul 18.35 WIB tepatnya pada saat waktu sholat magrib, isteri penjaga sekolah Maryati, melihat adanya api di gudang sekolah yang sudah membesar. Kemudian melihat kobaran api semakin membesar hal Maryati pun berteriak minta tolong kepada masyarakat yang lewat depan sekolah yang memang terletak di tepi jalan umum. 

Satu persatu warga pun mulai berdatangan untuk memberikan pertolongan. Masyarakat pun bahu membahu melakukan upaya pemadaman. Beberapa saat kemudian ditengah api semakin bergejolak satu unit Mini striker milik Kantor Camat Kuala Kampar ikut membantu menjinakkan api.   

Tapi karena api sudah terlanjur membesar  mengakibatkan api menjalar ke ruangan Tata Usaha dan Ruangan Kepala Sekolah SMPN 1 Kuala Kampar. Baru sekitar pukul 19.25 WIB api berhasil dikuasai dan dipadamkan serta dilakukan pendinginan hingga pukul 21.00 WIB. amr