Ketua SPS Pusat Bangga Kenakan Tanjak Khas Rohul


riaupotenza.com
Ketua PWI Rohul, Engki saat memasangkan Tanjak khas Rohul kepada Ketua SPS Pusat.

SURABAYA (RPZ) - Kehadiran Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, dalam kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Kota Surabaya, Jawa Timur, 6-9 Februari memberi warna tersendiri.

Ini disebabkan karena 8 Delegasi PWI Rohul yang hadir, tampil beda dengan mengenakan Tanjak Unak Serantau, yang menjadi tanjak Khas Kabupaten Rokan Hulu. Tanjak Khas Kabupaten Rokan Hulu, "Unak Serantau" yang dikenakan pengurus dan anggota PWI Rohul itu, cukup mencuri perhatian para insan pers yang hadir, dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus HUT PWI ke73 yang dipusatkan di Kota Surabaya.

Apalagi tanjak tersebut disukai H M Alwi Hamu, Ketua Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat terpilih, yang hadir dalam kegiatan Konvensi Nasional Media Masa, dalam rangkaian Peringatan HPN 2019, Jumat (8/2/2019) di Hotel Sheraton Surabaya.

Disela-sela Konvensi Media Masa tersebut, Ketua PWI Rohul, Engki Prima Putra secara langsung memasangkan Tanjak kepada staf khusus Wakil Presiden Jusuf Kalla itu. Perasaan, gembira dan kagum tampak jelas di raut wajah Owner Fajar Group itu.

Begitu antusiasnya, dihadapan peserta konvensi Nasional Media Massa, berulang kali pria asal Sulawesi itu, mengenalkan Tanjak Rokan Hulu yang telah dikenakakan dikepalanya, sembari meneriakan nama Rokan Hulu. Tak hanya itu, Tokoh Pers Nasional itu juga tidak sungkan foto bersama dengan tanjak yang dikenakannya, bersama tamu undangan lainnya.

‘’Ini dari Rohul, Hallo Rohul, ini tanjak namanya dari Rohul lho, saya bangga memakai ini. Terimakasih PWI Rohul,’’ teriaknya dengan semangat.

Kepada Anggota PWI Rohul, Alwi memberikan nasehat dan motivasi. Katanya, pekerjaan seorang wartawan saat ini, tidak hanya menulis, mengumpulkan, mengedit dan mencetak berita. Tapi harus memilik kreatifitas dan inovasi bagaimana ikut serta mempromosikan daerah.

‘’Jadi kalau cari berita, ngumpul berita, ngedit berita, cetak berita itu dulu. Tapi sekarang bagaimana anda (PWI, red) bergerak melakukan sesuatu untuk mengembangkan potensi daerah anda dan bagaiamana kreatifitas tadi menambah penerimaan pendapatan daerah,’’ pesannya.

Dikatakanya, wartawan saat ini harus menjadi inti pergerakan daerah, dengan melakukan inovasi tiada henti terumaya dalam promosi potensi daerah termasuk pariwisata bersama-sama budayawan setempat. ‘’Saya mengenal daerah Rokan Hulu yang memiliki sepesifikasi yang khas, dan harus di angkat tidak hanya tingkat daerah tapi internasional. Saya yang pertama merintis Riau Pos di Riau,’’ jelasnya.

Apresiasi terhadap promosi wisata yang dilakukan PWI Rohul, juga disampaikan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang. Ia mendukung gebrakan promosi Pariwisata yang dilakukan PWI Rohul dalam Momen HPN ini. Melalui “diplomasi tanjak” memantik penasaran masyarakat luar untuk berkunjung ke Riau terutama Rokan Hulu yang memiliki potensi pariwisaa yang menjanjikan.

‘’Promosi Tanjak ini, salah satu bentuk peran serta PWI ikut membangun daerah, dibidang pariwisata. Dan ini harus terus dilakukan secara konsisten tidak hanya di ajang HPN tapi juga di event lainya,’’ ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Rohul Engki Prima Putra ST menerangkan, promosi Tanjak di HPN ini menjadi misi PWI rohul, Sebagai bentuk komitmen PWI dalam mempromosikan Pariwisata Rokan Hulu. Tanjak Khas Rohul yang memiliki makna Filosofis sebagai Simbol keberagaman masyarakat rohul itu, diharapkan menjadi daya tarik bagi insan pers nasional, untuk ikut bersama-sama mengenalkan dan mempromosikan, Potensi Pariwisata Rokan Hulu, yang saat ini mulai bergairah.

‘’Dinas Pariwisata bersama PWI Rohul telah lakukan kerjasama dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Rohul. Kita berharap momen HPN di Surabaya sangat tepat kita mengenalkan potensi Pariwisata kepada wartawa yang tergabung di PWI se Indonesia,’’ tuturnya. rpz