Telah Buka Umah Makan Dapoer Melayu di Kota Duri


riaupotenza.com
Pengunjung saat mencoba masakan Melayu di Umah Makan Dapoer Melayu, Kota Duri.

DURI (RPZ) - Masyarakat di Kota Duri dan sekitarnya, kini tak perlu lagi bersusah payah dan jauh-jauh untuk mencari masakan atau kuliner yang bercita rasa Melayu. Karena saat ini telah hadir Umah Makan Dapoer Melayu yang menyajikan masakan dan makanan khas Melayu. 

Berada dilokasi yang strategis di pusat kota, Umah Makan Dapoer Melayu dibuka di Balai Adat LAMR, persisnya di lantai dasar gedung LAMR Kecamatan Mandau Jalan Hang Tuah (Simpang Pokok Jengkol) Duri. Lokasinya yang sudah sangat akrab bagi masyarakat di kota yang terkenal dengan sumber daya alam berlimpah ini. Sehingga bisa dipastikan tidak akan ada orang yang tak tahu tempatnya. 

"Launching pembukaan Umah Makan Dapoer Melayu ini kita adakan pada hari Sabtu tanggal 2 Februari kemarin," jelas M Hendy Pria Admaja, pemilik usaha Umah Makan Dapoer Melayu kepada riaupotenza.com. 

Dikatakannya, makanan khas di Indonesia tentu akan berbeda-beda di setiap daerahnya. Hampir di tiap wilayah memiliki makanan dengan nama yang berbeda, walaupun bentuknya hampir sama. Dari Aceh sampai Papua, semua ada makanan khas tradisionalnya sendiri.

Salah satu makanan tradisional yang perlu untuk dicoba itu adalah dari daerah Melayu. Makanan khas Melayu ini kebanyakan ada di daerah Riau. "Jadi, di Umah Makan Dapoer Melayu ini selain menyajikan masakan asam pedas ikan Baung dan gulai Baung, juge ade Nila Acar. Kite juge menyediakan sajian menu udang. Baik udang balado maupun gulai udang," jelasnya. 

Untuk makanan khas Melayu yang satu ini, kata Hendy, menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Kuah gulainya dibuat dari bumbu rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa nikmat dan membuat ketagihan. Untuk memperkaya rasa, rumah makan ini juga menambahkan Petai, Anyang, sambal Belacan dan Ulam sebagai pelengkapnya.  maz