Heboh, Mayat Dalam Kuburan Terseret Ombak


riaupotenza.com

SELATPANJANG (RPZ) - Ternyata dampak abrasi pantai yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau sungguh sangat mengkuatirkan. Tak hanya rumah dan ratusan hektar lahan perkebunan warga, mayat-mayat yang telah lama terkubur juga ikut terkikis dan terseret ombak Selat Malaka.

Peristiwa ini terjadi di Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir, Jumat (1/2/2019) sekitar pukul 15.00 WIB. Sesosok mayat manusia yang sudah tinggal kerangka ditemukan mengapung di perairan desa setempat. Kerangka tersebut diduga berasal dari kuburan lama yang mulai habis terkikis abrasi.

Kondisinya pun berbeda dari biasanya. Sekilas tampak agak menghitam karena sudah terlalu lama terkubur di lahan gambut. Sementara kerangka yang biasa ditemukan di hutan atau akibat tewas tenggelam, selalu terlihat lebih putih.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek SH, melalui Kapolsek Rangsang Iptu Djoni Rekmamora, Sabtu (2/2/2019) siang mengatakan, kerangka manusia itu ditemukan oleh sekelompok anak-anak yang sedang bermain di tepian pantai. Sangking takutnya setelah melihat kerangka manusia, anak-anak itu kemudian berlari ke daratan sambil berteriak mengabari pada warga sekitar.

Seketika, kehebohan pun terjadi. Puluhan warga langsung berdatangan untuk melihat kerangka tersebut. Namun, warga tidak berani menyentuhnya. Mereka hanya bisa melaporkannya kepada Kepala Desa Telesung dan Bhabinkamtibmas setempat.

Setelah Kepala Desa beserta Bhabinkamtibmas datang, barulah mereka bersama-sama mengevakuasinya. Dari kondisinya, warga yakin bahwa kerangka tersebut berasal dari kuburan lama. Dan, atas kesepakatan bersama pemuka masyarakat, kerangka manusia tersebut akhirnya dikebumikan di Desa Telesung, malam harinya, sekitar pukul 19.00 WIB.

"Kerangka itu ditemukan warga dan sudah dikebumikan. Menurut keterangan yang kita peroleh bahwa kerangka manusia itu adalah kerangka dari kuburan lama yang tergerus oleh abrasi," ungkap Iptu Djoni. rpz