Gelar Try Out Bertaraf Nasional

SMAN 5 Maksimalkan Persiapan Ujian Nasional


riaupotenza.com
Kepala SMAN 5 Pekanbaru, Selamet SPd.

PEKANBARU (RPZ)—Mengingat jadwal Ujian Nasional (UN) semakin dekat, SMAN 5 Pekanbaru terus memaksimalkan waktu yang ada untuk mengasah dan mematangkan kemampuan para siswa.

Menurut jadwal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada 1 April mendatang.

Kepala SMAN 5 Pekanbaru, Selamet SPd menjelaskan, pada UN 2019, sekolah yang ia pimpin akan melaksanakan ujian dengan sistem online atau Ujian Nasioanl Berbasis Komputer (UNBK).

"Jumlah siswa kami yang akan melaksanakan ujian akhir berjumlah 241 siswa. Nantinya mereka akan dibagi dalam 5 ruang dan 3 sesi," ujar Selamet.

Sebagai persiapan, lanjut selamet, pihak sekolah sudah memberikan pelajaran tambahan diluar jam sekolah kepada para siswa yang berkenan. Kemudian, sekolah juga menggelar uji materi atau Try Out (TO) berdasarkan kisi-kisi yang mengacu pada UN, bedak SKL serta mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung ujian. 

"Belum lama ini kami menggelar TO Bertaraf Nasional. TO UNBK dari Lembaga Rasidu. Hasil TO ini nantinya bisa dilihat siswa secara langsung. Selain itu, nanti kami juga akan menggelar simulasi UNBK pada akhir Januari dari Kemendikbud. Bahkan, untuk mematangkan penguasaan materi siswa, akan dilaksanakan beberapa kali TO, minimal 2 kali lagi jelang UN," terang Selamet.

Selamet berharap dengan waktu ujian tak sampai 2 bulan lagi, para siswa bisa benar-benar fokus dan hanya memikir soal ujian saja. Belajar dengan sungguh-sungguh, perdalam materi dan jaga kondisi badan. Sehingga, saat ujian nanti benar-benar siswa dan bisa mendapatkan hasil yang terbaik.yan