Intensifkan Pelajaran Tambahan Hingga Uji Materi UN

Tingkatkan Hasil UN, SMPN 27 Pekanbaru Matangkan Kemampuan Siswa


riaupotenza.com
Kepala SMPN 27 Pekanbaru, Elvi Devita MPd.

PEKANBARU (RPZ)--Guna meningkatkan hasil Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2018/2019, SMPN 27 Pekanbaru melakukan berbagai persiapan untuk mematangkan kemampuan para siswa.

Menurut jadwal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilaksanakan pada 22 April mendatang.

"Alhamdulillah, persiapan terus kami lakukan. Sehingga, nantinya siswa kami benar-benar siap mengikuti UN," ujar Kepala SMPN 27 Pekanbaru, Elvi Devita MPd.

Elvi menjelaskan, sekolah yang ia pimpin akan melaksanakan ujian dengan sistem online atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk persiapan sendiri, lanjutnya, pihaknya telah mengintensifkan pelajaran tambahan, uji materi UN (Try Out) hingga bedah soal yang mengacu pada kisi-kisi UN. 
 
"Untuk mengevaluasi dan mengukur sejauh mana kemampuan siswa, kami telah melakukan Try Out (TO, red) secara manual. Dimana materinya berdasarkan bank soal dari guru dan berbagai penerbit. Tak hanya itu, awal Februari nanti, kami juga akan melakukan simulasi UNBK. Ini dilakukan sebagai ajang pembiasaan bagi siswa untuk mengikuti ujian menggunakan komputer," terangnya.

Dijabarkan Elvi, agar kemampuan para siswa benar-benar terasah, pihaknya akan menggelar beberapa kali TO, baik itu mandiri sekolah maupun dari dinas.

"Ini kami lakukan agar para siswa betul-betul memahami dan mendapat referensi bagaimana menjawab soal UN. Bahkan, sekolah juga memberi tugas kepada para siswa setiap minggu mengumpulkan soal-soal yang dicari di warnet dan dibahas bersama. Kenapa di warnet, tujuannya agar para siswa tak canggung dalam menggunakan komputer saat ujian nanti," papar Elvi.

Disinggung terkait sarana dan prasarana pendukung UNBK, Elvi mengaku sekolah belum memiliki sarana penunjang yang cukup, semisal komputer, server dan jaringan internet. Untuk itu, pada pelaksanaan ujian nantik pihaknya akan menumpang di SMKN 5 Pekanbaru.

"Untuk peminjaman tempat sudah kami koordinasikan dengan SMKN 5. Artinya, segala persiapan sarana dan prasarana sudah oke. Kini tinggal pemantapan materi terhadap siswa.  Sehingga nantinya para siswa bisa meraih hasil terbaik dan lulus 100 persen dengan nilai memuaskan," beber Elvi.yan