Oknum Polisi Terlibat Jaringan Pengedar Uang Palsu, Jumlahnya Mencapai Rp500 Juta


riaupotenza.com
Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan bersama Wakapolres dan Kasat Reskrim Polres Dumai memperlihatkan barang bukti ratusan juta uang palsu.

DUMAI (RPZ) - Peredaran uang palsu di Dumai berhasil digagalkan polisi. Parahnya, sindikat peredaran uang palsu yang mencapai Rp500 juta ini melibatkan oknum polisi.

Kasus ini terungkap saat polisi menangkp MF (28) warga Jalan Mawar, Kecamatan Dumai Timur kota Dumai dan tersangka RW (34) warga Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Dari pengakuan kedua tersangka ini, uang palsu dalam jumlah pecahan Rp100 ribu ini ada keterkaitan dengan oknum polisi aktif bertugas di Bengkalis berinisial El. 

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan, Jumat (11/1/2019) mengatakan, pengungkapan kasus peredaran uang palsu ini berawal dari informasi masyarakat kalau di Dumai ada beredar uang palsu di Dumai, Sabtu (5/1/2019). Berangkat dari informasi ini, selanjutnya Tim Sat Res Polres Dumai dibawah pimpinan Kasat Reskrim AKP Awaldudin Syam melakukan penyelidikan dan didapati kalau pemilik uang palsu tersebut berinisial MF warga jalan Mawar Kecamatan Dumai Timur.

Setelah mengantongi nama tersangka, Tim Sat Res Polres Dumai bergerak cepat untuk mengetahui keberadaan tersangka MF. Setelah mendapat informasi keberadaan MF berada dijalan Siliwangi kelurahan Tanjung Palas kecamatan Dumai Tumur, polisipun langsung melakukan penangkapan. 

''Dari tersangka MF, polisi berhasil menyita barang buktii uang palsu Rp27 juta. Dari pengakuan tersangka, kalau uang tersebut  sebelumnya telah diedarkan sekitar Rp8 juta dari total keseluruhan uang palsu dari MF Rp35 juta,'' ujar AKBP Restika P Nainggolan didampingi Wakapolres Dumai, kasat Reskrim AKP Awaluddin Syam, Paur Humas Polres Dumai Iptu Dedi Nofarizal.

Dikatakan, dari hasil pemeriksaan dan pengakuan MF ternyata uang palsu yang diterimanya Rp35 Juta tersebut  didapat dari tersangka berinisial RQ warga Bantan Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Begitu mendapat informasi dari tersangka MF, Tim Sat Res Polres Dumai begerak cepat untuk mencari keberadaan tersangka RW dan akhirnya berhasil ditangkap.

Dari tersangka RW (34) warga Kabupaten Bengkalis ini ditemukan barang bukti uang palsu Rp479,3 juta. Sedangkan dari keterangan tersangka RW kalau uang yang didapatnya tersebut berasal dari salah seorang oknum Polisi di Bengkalis. Yang jelas saat ini Polres Dumai masih melakukan penyelidikan lebih termasuk nantinya akan meminta keterangan saksi ahli dari Bank Indonesia dan memeriksa tempat percetakan uang palsu yang berada di Kota Pekanbaru. rpz