Misi Kemanusian, Jumat Barokah Polresta Pekanbaru Dapat Dukungan Dari Rektor UIR dan Ketua FPI


riaupotenza.com
Kaporesesta Pekanbaru Kombes Pol Susanto bersama Kapolsek Senapelan Kompol Agung Triadi SIK saat anjangsana ke masyarakat kurang mampu dalam prgram "Jumat Barokah Polresta Pekanbaru" Jumat (11/1/2019. (Dermawan)

PEKANBARU (RPZ) - Polresta Pekanbaru, Provinsi Riau mempunyai program unggulan yang dilakukan secara rutin setiap minggunya. Program yang sudah berjalan sejak 2015 ini diberi nama "Jumat Barokah" dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya mereka yang kurang mampu. Selain sembako, bantuan yang diberikan berupa kesehatan, uang tunai dan sebagainya. 

Seperti yang kembali dilakukan Jumat (11/1/2019), Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto bersama  jajaran mengunjungi dan memberikan sumbangan untuk fakir miskin dan orang yang bernasib kurang beruntung. Tampak juga mendampingi Kapolresta yakni Kapolsek Senapelan, Kompol Agung Triadi SIK MH.

Suasana haru tak terelakkan saat Kapolresta datang bersama Kapolsek Senapelan dan jajaran. Bahkan masyarakat yang didatangi matanya berkaca-kaca. Terlebih juga ada seorang gadis yang kurang beruntung dan tetap memilki semangat hidup dan berjuang diataa kursi roda tak lupit dari perhatian Polresta dan jajaran saar itu.

"Ini merupakan visi kemanusian bersama. Bukan berarti kami lebih, melainkan adanya rasa kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang kurang mampu khususnya warga Kota Pekanbaru," ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Sunsanto.

Menurut pria yang akrab disapa Santo, secara khusus program ini menyasar masyarakat yang kurang mampu. Tidak peduli apa agama, suku dan latar belakangnya. "Semua sama tidak ada perbedaan. Mereka yang membutuhkan dari hal apapun akan kita bantu," terangnya. 

Sampai saat ini, program tersebut telah banyak memikat sejumlah kalangan untuk ambil bagian. Baik masyarakat biasa, pengawai negeri sipil (PNS), wartawan tak terkecuali para akademisi kampus. Terlebih lagi para masyarakat yang kurang mampu diberbgai wilayah di Pekanbaru.

Rektor Universitas Islam Riau, Prof Dr Syafrinaldi salah satunya mengaku, sangat tertarik dengan kegiatan tersebut sehingga dia memutuskan untuk bergabung. Kegiatan ini kata dia sangat bagus dan mulia sehingga dia merasa terpanggil untuk ikut membantu. 

"Saya beranggapan Polri itu sosok yang ganas dan jauh dari sisi hunanis ternyata tidak, mereka sangat humanis dan memiliki pedulian tinggi antarsesama," terangnya. 

Dia berharap kegiatan ini terus dipertahankan dan banyak lagi masyarakat yang ikut bergabung. Dengan begitu, visi kemanusian dari program ini akan menjangkau lebih luas. "Saya juga akan mengajak para mahasiswa untuk bergabung," ucapnya.

Dukungan juga muncul dari kalanga ormas Islam Salah satunya Front Pembela Islam (FPI) Kota Pekanbaru. Ketua Tanfidzi DPW FPI Pekanbaru M Al Husnie Thamrin R menjelaskan FPI mengapresiasi kinerja Tim Jumat Barokah Polresta Pekanbaru karena selama ini melakukan kegiatan yang tulus dan nyata menyentuh langsung masyarakat yang membutuhkan. "Tim Jumat Barokah Polresta Pekanbaru tulus membantu masyarakat tanpa memandang suku, agama," tutur M Al Husnie Thamrin R.

M Al Husnie Thamrin R menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh tim Jumat Barokah selalu dilakukan, mulai dari setiap minggu, bulan tahun selalu terlaksana tampa ada satu minggupun yang terlewatkan, dengan ke Istiqomah dan komitmen serta tekad untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

"Ini kegiatan baik. Karena dengan berbagi kebahagiaan baik yang memberi dan yang menerima , mendapatkan kebaikkan di dunia - akhirat , Aammin Ya Rabbal'alamiin," tuturnya. der/rpz