Hebat, Pejabat DP3A Pekanbaru Belajar Menulis Berita


riaupotenza.com
Kadis PPPA Kota Pekanbaru Drs Mahyuddin (berpeci baju biru) saat membuka Pelatihan Menulis Berita bagi para pejabat di satker tersebut.

PEKANBARU (RPZ) - Banyak kegiatan di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Pekanbaru. Namun, tak semua bisa diekspos ke media. Ini karena terbatasnya kalangan pejabat, di eselon III dan IV yang terampil menuliskannya menjadi rilis atau berita.

Karena itu, ide hebat dari Kepala DP3A Drs Mahyuddin, yakni melatih para pejabat di lingkungan kerjanya agar bisa menulis berita. Minimal rilis kegiatan. Jumat (11/1/2019), belasan pejabat di DP3A ikut pelatihan menulis berita.

Dalam sambutan, saat membuka pelatihan, Mahyuddin menekankan agar semua pejabat di DP3A terampil menulis laporan, atau rilis bahkan berita. Supaya kegiatan yang dilaksanakan bisa diekspos langsung ke media. Apalagi kata dia, saat ini DP3A sudah punya website sendiri. 

Dihadirkan jadi pembicara, GM Pekanbaru Pos Group Khairul Amri. Di awal materi, ia menekankan kepada semua peserta bahwa dua kunci penting bisa menulis. Kunci itu, yakni kemauan yang kuat dan rajin mengulang atau rajin praktik menulis berita.

"Untuk bisa terampil menulis berita, tidak bisa dengan pelatihan begini saja. Haruslah dipraktikkan dan harus punya kemauan kuat untuk bisa menulis. Karena ilmu tulis menulis ini, hanya bisa ditularkan," kata Khairul, yang juga mantan Pemred Pekanbaru Pos ini.

Meski singkat, sekitar dua jam, namun seluruh peserta nampak aktif selama mengikuti pelatihan. "Sekarang tanggal 11 Januari. Nah, nanti 1 bulan ke depan, 11 Februari Pak Khairul kita undang lagi untuk menilai dan mengoreksi berita-berita yang bapak dan ibu tulis," kata Mahyuddin. 

Ia berpesan, jangan ada lagi yang mengirim foto atau narasi berita yang tak sesuai. Karena sudah belajar menulis, maka harus ada hasilnya nanti. Mahyuddin juga senang, karena rata-rata pejabat di DP3A nampak memahami dan sangat ingin untuk terampil menulis berita. uli/rpz