Keberadaan Posyandu Remaja Disambut Baik Pihak Sekolah


riaupotenza.com
Pihak Puskesmas saat melakukan Kegiatan Posyandu disekolah-sekokah se Kecamatan Palika.

PANIPAHAN (RPZ) - Puskesmas Panipahan melalui tenaga nusantara sehat bidang promosi kesehatan mengadakan posyandu remaja di 10 sekolah, semua pihak sekolah menyambut baik dan sangat mendukung. 

"Masing-masing sekolah menunjuk 8 siswa-siswi sebagai kader kesehatan remaja, untuk membantu melaksanakan kegiatan ini secara rutin," kata Kepala Puskesmas Panipahan dr Hj Netti Juliana, Kamis (10/2/2019).

Adapun sekolah yang dibina Puskesmas Panipahan diantaranya SMA Methodist, SMP Methodist, SMAN 1 Palika, SMPN 1 Palika, MA Tarbiyah, MTS Tarbiyah, MA Islahiyah, MTS Ishlahiyah0, SMK Perikanan dan SMP Islam Ittihadiyah.

"Kami berharap nanti kadernya ini bertugas untuk melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan dan tekanan darah secara berkala pada semua siswa. Selain itu mereka jadi penanggungjawab UKSnya, kalau ada yg sakit atau butuh pertolongan pertama merekalah bu nanti yg berikan. Mereka juga nanti bertugas yg mengecek ketersediaan obat disekolah," jelas Netti.

Sementara itu Dyan Safitri SKM sebagai petugas kesehatan yang membina pelaksanaan Posyandu remaja ada beberapa kendala saat dilakukan kunjungan. Untuk sekolah khususnya Methodist  kendala mereka kemarin UKSnya tidak terawat makanya seperti itu jadi  ditawarkanlah untuk membuat kader kesehatan remaja sekalian untuk jadi pengurus UKS. 

"Tapi karena tahun 2018 lalu cuma 2 org Kader Kesehatan Remaja (KKR) yg dibina dipuskes jadi tahun 2019  ini kami sepakat untuk menambah jadi 8 orang biar mereka lebih bagus timnya," kata Dyan.

Puskesmas sudah mengajarkan kader barunya semalam cara ukur berat ban, tb sama tekanan darah dan pertemuan selanjutnya mereka minta diajar penggunaan termometer, pertolongan pertama pasien luka, mereka juga mau tau perawatan kalau ada temannya yang demam diare dan sebagainya. rpz/der