Terus Mengawal Semangat Menjaga Kamtibmas


riaupotenza.com
Kegiatan FGD Polsek Kelayang bersama masyarakat

KELAYANG (RPZ) - Kepolisian Sektor (Polsek) Kelayang, Polres Inhu, kembali melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas serta mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Simpang Kota Medan, Kecamatan Kelayang, Selasa (4/12/18) yang dikemas dalam dialog dan sesi tanya jawab. 
     
Acara dihadiri langsung oleh Kapolsek Kelayang, AKP Rinaldi Parlindungan, SH. Selain itu turut mendampingi, Kanit Binmas Aiptu Ikhsan E Lubis,  Kanit IK Bripka Jeprison, Kanit Reskrim Bripka PK Sinaga, dan sejumlah Bhabinkamtibmas serta Babinsa Serda Andi K.
     
Dialog dan silaturrahmi ini diikuti lebih dari 70 orang peserta diantaranya, Kades Simpang Kota Medan, Baharudin, Sekdes Simpang Kota Medan, Hendri, sejumlah perangkat desa, pemuka masyarakat, pemuka adat, ninik mamak, toga, tomas, toda dan elemen masyarakat lainnya yang ada diwilayah desa tersebut.
    
Kapolsek AKP Rinaldi Parlindungan, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa, dengan adanya dilaksanakannya kegiatan FGD ini, mari kita tingkatkan sinergitas kemitraan guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif, salah satunya adalah dengan cara menghidupkan kembali poskamling, katanya.
    
‘’Kepada seluruh yang hadir Kapolsek mengajak agar masyarakat selalu berkoordinasi dan kerjasama yang baik dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di desa dalam menyelesaikan permasalahan,” sebutnya.
    
Diharapkan juga kata Kapolsek, agar masyarakat selalu menjaga keamanan di desa, terutama saat ini sudah memasuki tahapan kampanye Pemilu serentak 2019 yaitu, Pemilu Legislatif dan Pilpres. ‘’Jangan mudah terprovokasi dengan perkataan-perkataan yang tidak benar (hoaks) sehingga dapat membuat situasi menjadi tidak kondusif. Selain itu juga diwaspadai adanya ancaman radikalisme yang masuk yang dapat menimbulkan perpecahan,” tuturnya.
    
Perwira pertama tingkat tiga yang sebelumnya bertugas di Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga mengingatkan warga agar selalu menjaga situasi kamtibmas dari tindakan sekelompok orang terkait curat, curanmor, dan penyalahgunaan narkotika yang tengah marak saat ini.
    
Kegiatan sosialisasi dan silaturrahmi ini terlihat cukup akrab, dimana dalam sesi tanya jawab, apa yang ditanyakan masyarakat seperti, penanganan pihak penegak hukum terkait kasus pencurian yang nilainya dibawah Rp 2,5 juta serta keinginan masyarakat untuk mediasi dengan pihak PT RPI langsung ditanggapi oleh Kapolsek dan sejumlah Bhabinkamtibmas yang ikut hadir mendampingi, dan mereka merasa cukup puas.
     
Kapolsek mengimbau agar masyarakat khususnya yang memiliki lahan perkebunan yang berbatasan dengan Perusahaan Perkebunan PT RPI, agar menahan diri dan tidak mudah terpancing dengan hal-hal yang melanggar hukum. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi dan siap mengawal masyarakat.
      
Dikesempatan itu, Kades Simpang Kota Medan, Baharudin beserta seluruh perangkat desa dan atas nama masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan FGD ini dan berterimakasih kepada Polsek Kelayang.   “Kami siap bersinergi dengan Polisi dalam menjaga kamtibmas dan segala bentuk ancaman lainnya serta mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2019 yang aman, damai dan sejuk,” paparnya. asr