Mantap, Warga Pangkalan Kerinci Sediakan Makanan Gratis


riaupotenza.com
Lapak makanan gratis di Pangkalan Kerinci tampak sedang didatangi sejumlah warga.

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Banyak cara melakukan kebaikan kepada sesama. Salah satunya, seperti yang dilakukan Dedi Azwandi bersama sejumlah rekannya ini. Mereka menyediakan makanan gratis yang bisa dinikmati oleh siapapun. Tak hanya itu, mereka juga menerima bantuan dari siapa pun. Jadilah, boleh mengambil makanan dan mengisi makana pada steiing yang tersedia.

‘’Siapapun boleh mengambil dan mengisi makanan pada steling ini. Untuk yang mengambil makanannya gratis. Tentunya ingin mengisi dan berbagi tentu dengan modal sendiri,’’ kata Dedi Azwandi, inisiator berbagi makanan gratis di Pangkalan Kerinci bersama rekan se ide dengannya Ustadz Candra Ketua HILMI Kabupaten Pelalawan serta beberapa temannya yang lain, Rabu (4/12/2018).

‘’Alhamdulillah sampai hari ini sudah ada 3 titik steling makanan gratis yang tersedia,’’ imbuhnya sambil menyebutkan tiga lokasi lapak makanan percuma ini yakni di Jalan Pemda, Jalan Lintas Timur dan Jalan Akasia.

Kalau lokasi di Jalan Pemda sebut mantan honorer Pemkab Pelalawan ini dikelola oleh kaum Hawa. ‘’Kalau yang ini ibu-ibu yang siapkan. Kita yang di Jalan Lintas Timur dan Jalan Akasia. Insyaa Allah satu lagi masih dibuat steling baru untuk Masjid Besar Al Muttaqin. Karena banyak musafir yang sholat dan numpang istirahat di masjid ini,’’ tuturnya.

Dedi mengaku, ide menyediakan makanan gratis sebetulnya diadopsi dari teman-temannya yang terlebih dulu telah membuat kegiatan serupa di Pekanbaru. ‘’Kawan-kawan Pekanbaru sudah ada yang mulai. Kenapa tidak kita melakukan hal yang positif ini,’’ ucapnya. 

Dedi mengaku untuk kegiatan ini tidak ada sponsor. ‘’Kalau seponsor tak ada bang. Ada yang mau infak Steling kita ambil. Mana steling rusak diperbaiki. Kalau untuk perbaiki ini dari Balimo kaca bang. Kalau isi siapa aje nak ngisi boleh, roti,  minuman, nasi dan lainnya,’’ beber Dedi.

Sejauh ini, sudah berlangsung hampir sepekan sambungnya, rak makanan yang disedikan silih berganti terisi dan diambil. ‘’Tapi sampai saat ini masih terisi terus. Alhamdulilah, kita siapkan wadah aja,’’ ujarnya.

Malah beberapa hari lalu isi rak makanan sempat penuh lanjut dia. ‘’Alhamdulilah Jumat kemarin full isinya. Sampai khawatir takut tak habis. Tapi, alhamdulilah habis aje bang,’’ sebut Dedi seraya mengatakan titik pastinya di Jalan Lintas Timur depan toko Ananda, samping Bank Dana Amanah.

Latar belakang lain menyediakan lapakan makanan gratis lanjut Dedi, melihat di ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci masih banyak orang membutuhkannya. ‘’Juga di Pangkalan Kerinci setelah kita survei ada Rumah Makan tiap hari banyak makanan terbuang. Jadi, ini kita jadikan wadahnya,’’ papar Dedi.

Pada pagi hari terang Dedi, di lapak free ini ada lontong, kue dan roti juga air dan bubur. ‘’Siang hari ada nasi, roti dan lainnya. Pokoknya banyak.Alhamdulillah disambut antusias masyarakat. Kita pun menjadi senang. Banyak mengambil, banyak pula yang mengisi steling. Mudah-mudahan kita akan ke Sorek dan kecamatan lain in syaa Allah,’’ pungkasnya. amr