Jadikan Rohil Lumbung Pangan Riau


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI - Kebutuhan pangan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bertumpu pada sektor tanaman padi yang tersebar di enam kecamatan. Memang luas lahan tergolong cukup untuk menjadikan Kabupaten Rohil sebagai lumbung pangan Riau. 

Bupati Rohil H Suyatno AMp menyebutkan, bahwa prospek pertanian saat ini sudah modern, dan dinilai cukup berhasil menerapkan sistem tanam jajar legowo (Jarwo). Ia meminta agar petani Rohil khususnya Pematang Sikek mempertahankan. 

"Jarwo sudah berhasil. Pertahankan untuklumbung pangan Rohil dan Riau umumnya," kata Suyatno saat melakukan panen raya di Kepenghuluan Pematang Sikek.

Sementara itu, Plt Gubri Wan Tamrin Hasyim mengaku, persoalan lahan pertanian saat ini ialah maraknya alih fungsi lahan. Sehingga, perlu upaya untuk mempertahankan hal tersebut agar tidak terjadi alih fungsi dan membuat lahan pertanian semakin menyempit. 

"Saya minta petani, pertahankan lahan sawah yang ada saat ini. Kalau sudah alih fungsi mau makan apa. Sawit mau di makan, sekarang harga sawit saja sudah jatuh," pungkasnya. 

Hadir dalam panen raya tersebut Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Mentan RI, Kajari Rohil, Dandim 0321 Rohil, seluruh kepala OPD Pemkab Rohil serta ratusan masyarakat petani yang tampak antusias. ADV