APBD Inhil Rp2,2 Triliun

Belanja Daerah Naik 6,45 %


riaupotenza.com
Bupati Inhil HM Wardan MP saat menandatangani APBD Tahun 2019 di dampingi Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Inhil.

TEMBILAHAN (RPZ) - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Inhil tahun 2019 disahkan oleh Bupati HM Warda, Jum’at (30/11) siang bertempat di gedung DPRD Inhil dihadiri Bupati HM Wardan, unsur Forkopimda, pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil. 
    
Rapat paripurna ke-17 masa persidangan III TH 2018 dipimpin langsung Ketua DPRD Inhil yang didampingi Wakil-wakil ketua DPRD dengan agenda Penyampaian laporan hasil pembahasan Badan Anggaran atas Pembahasan APBD Tahun 2019 dan sambutan Bupati.
    
Laporan Badan Anggaran yang dibacakan juru bicara Banggar H Taufik Hidayat SH, mengatakan terkait belanja daerah, dijelaskan Taufik Hidayah untuk belanja tidak langsung di tahun 2019 diproyeksikan sebesar Rp1,1 triliun dan belanja langsung sebesar Rp 1,9 triliun.
     
‘’Dari dua komponen belanja, yaitu Belanja Tidak Langsung dan Belanja Langsung , maka Belanja Daerah pada APBD 2019 ini, diproyeksikan sebesar Rp2,2 triliun. Atau terjadi peningkatan sebesar Rp 6,45 % jika dibandingkan APBD 2018,’’ jelasnya.
     
Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan tanganan pengesahan APBD TA 2019 oleh DPRD dengan Pemkab Inhil. 
    
Sementara itu, Sambutan Bupati HM Wardan saat menyampaikan sambutan mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyusunan rancangan APBD Kabupaten Indragiri Tahun Anggaran 2019 ini menekankan kepada pokok-pokok kebijakan sebagaimana termuat dalam kebijakan umum APBD Tahun 2019, yang telah dijabarkan lebih lanjut, dalam prioritas plafon anggaran sementara tahun anggaran 2019. 
    
Selanjutnya sebelum rancangan peraturan daerah ini diambil persetujuan bersama, kita bersama telah melakukan pembahasan yang sistematis dan berkesinambungan dalam rangka menyamakan persepsi, pandangan dan pemahaman terhadap setiap usulan perencanaan dan penganggaran, guna pelaksanaan pembangunan yang dituangkan dalam program, kegiatan serta belanja pada perangkat daerah.
    
Proses dan hasil ini patut kita syukuri bersama, selanjutnya dalam kesempatan ini saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap pandangan, saran dan koreksi serta tanggapan yang telah disampaikan. 
     
Hal ini merupakan bagian dari proses dan dinamika pembahasan sampai dengan persetujuan bersama terhadap ranperda tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah  Kabupaten Indragiri Hilir  Tahun  2019.  
    
“Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Dewan yang terhormat, yang telah melakukan pembahasan sehingga telah ditetapkannya dalam bentuk persetujuan bersama Bupati dan DPRD Kabupaten Indragiri Hilir tentang ranperda anggaran pendapatan dan belanja daerah  Kabupaten Indragiri Hilir  Tahun 2019,” ujarnya.
    
kemudian hasil evaluasi berupa keputusan Gubernur Riau akan ditindak lanjuti dengan penyempurnaan hasil evaluasi oleh pemerintah daerah bersama dengan DPRD untuk dilakukan penyempurnaan.
    
“Hasil penyempurnaan tersebut yang ditetapkan melalui keputusan pimpinan dprd dijadikan dasar dalam penetapan  Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Indragiri Hilir TA 2019,” ujarnya.
    
Untuk itu Bupati Menambahkan dari pembahasan yang telah dilaksanakan, tentunya masih dijumpai berbagai kekurangan Hal ini menjadi catatan dan perhatian pemerintah daerah guna perbaikan dimasa yang akan datang, dukungan  pimpinan dan anggota dewan yang terhormat sangat diharapkan. 
    
“Kami menyadari sepenuhnya bahwa apa yang telah kita lakukan ini, tidak lain dimaksudkan agar Ranperda tentang APBD Kabupaten Indragiri Hilir TA 2019 yang kita bahas dan sepakati bersama ini, benar-benar dapat memandu gerak langkah pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan serta meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah,” pungkasnya.zal