Jalan Dalu-dalu - Mahato Rusak Parah, Pemerintah Kemana Aja


riaupotenza.com

ROKAN HULU (RPZ) - Saat ini kurng lebih 10 KM, kondisi Jalan Dalu-Dalu - Mahato, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) rusak parah. Bahkan belakangan transportasi masyarakat sempat terputus.

Selain jalan ini merupakan lintas kendaraan pengakut hasil perkebunan yang bertonase tinggi. Ditambah dengan intensitas hujan yang masih tinggi,  menambah parah keadaan jalan dari Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai menuju Mahato Tambusai Utara. 

Ketua DPRD Rohul, Kelmi Amri SH mengungkapkan, kerusakan jalan ini akibat curah hujan yang tinggi, ditambah mobil yang melintasi jalan Dalu-dalu ke Mahato bertonase besar, sempat memutuskan trasportasi jalan. Namun berkat kerjasama perusahaan dengan masyarakat jalan pun sudah berangsur membaik. 

Di tahun 2018 penanganan ruas jalan Dalu-Dalu menuju Mahato sempat terhenti dalam artian  tidak ada APBD Provinsi ‎yang masuk. Karena di 2018 tidak masuk, tambahnya, kemudian pihaknya berkoordinasi dengan provinsi baik secara lisan maupun tulisan, dan kepada Banggar provisi serta  melalui teman-teman fraksi Demokrat di DPRD Provinsi Riau, untuk meminta di 2019 bisa dimasukan dan dilanjutkan pembangunannya. 

Terkait teknis pengerjaannya dilapangan, Kelmi mengaku tidak mengetahui persis, apakah dilakuka pengaspalan atau dibangun rigit, namun masyarakat berharap pembangunan ruas jalan Dalu-Dalu Mahato bisa dibangun Rigit, pasalnya mobil yang melintasi jalan tersebut adalah mobil bertonase besar, dan lintas mobil CPO.  

Menurut Kelmi, dengan dana sekitar Rp64 M tersebut ruas jalan dalu-dalu menuju Mahato sudah selesai secara keseluruhan. Dengan begitu jalan rusak di mahato bisa segera terselesaikan. 

Sementara, Camat Tambusai Utara, Mastur menyambut baik jika pembangunan ruas jalan Dalu-Dalu ke Mahato dilakukan pembangunannya di 2019. Diakuinya, memang saat ini ada sekitar 10 KM lagi ruas  jalan dari dalu-dalu menuju Mahato yang mengalami kerusakan parah, diambah saat ini musim penghujan. 

Menurut Mastur, jika ruas jalan dari Dalu-Dalu ke Mahato benar-benar dilaksanakan pembangunannya, tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat, yang mayoritas adalah petani kelapa sawit. rpz