Separuh Bangkinang Jadi Lautan 


riaupotenza.com
Anggota TNI membantu evakuasi seorang ibu untuk keluar dari lokasi banjir di Bangkinang, Rabu (28/11).

BANGKINANG (RPZ) - Curah hujan yang tinggi pada Rabu (28/11) dini hari pukul 02.00 wib, membuat setengah Kota Bangkinang, Kampar jadi lautan. Sehingga menyebabkan banyak rumah warga yang terendam dan bahkan barang berharga milik masyarakat terendam akibat ketinggian air hampir 1 meter.

Banjir menyebabkan Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman dan Jalan Sisinga Mangaraja terendam air. Bahkan rumah warga berada di lingkungan tersebut juga terendam air.

Seperti halnya di rumah salah satu warga M Nasir (39), menyebabkan perabotan rumah habis terendam air. “Sepeda motor saya saja terendam air, akibat curah hujan yang tinggi,” kata warga Jalan Sudirman ini.

Begitu juga yang dialami Zubir (50). Ia mengaku masih untung tidak tertidur cepat, kalau tidak sudah rusak TV dan peralatan elektronik miliknya. 

“Jika saya tertidur saat hujan, mungkin banyak barang-barang saya tidak bisa diselamatkan,” ucapnya.

Dengan kejadian ini mereka meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, dapat serius memperbaiki aliran parit yang berada di Kota Bangkinang. 

“Ini peringatan agar sistem pembungan air dapat diperbaiki. Karena belum pernah hujan sederas ini menyebabkan banjir yang begitu hebat,” kata warga Jalan Sudirman yang tinggal di Kelurahan Langgini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar M. Yasir, mengatakan penyebab air tergenang ini adalah drainase dan kanal kota sudah tidak mampu menampungnya. “Karena itulah menyebabkan air jadi tergenang,” ujarnya.

Namun tim dari BPBD Kampar sudah turun, untuk mengatasi air yang tergenang, kata Yasir. Bahkan berapa titik tempat lokasi air mengalir yang tersumbat akibat pohon tumbang, sedang kita atasi. Dan sekarang air sudah mulai surut,” ujarnya.

Sedangkan mengenai rumah-rumah warga yang tergenang akibat curah hujan tadi malam, sedang dilakukan pendataan di Kantor Camat  Bangkinang Kota. “Jadi pendataan hari sedang dilakukan bagi warga yang terkena dampak dari banjir,” jelasnya.(rpg)