Delapan Rumah Habis Terbakar

Pemukiman Padat Penduduk Histeris


riaupotenza.com
KEBAKARAN-Kebaran terjadi di kawasan padat penduduk Lorong Surau, Jalan H Arif.

TEMBILAHAN (RPZ) - Musibah kebakaran terjadi di Kota Tembilahan, tepat pada kawasan padat penduduk, Selasa (27/11) menyebabkan 8 unit rumah (6 unit rusak berat dan 2 unit rusak ringan). 
    
Musibah kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 17.45 Wib, telah terjadi kebakaran di Gang Kampung Baru I dan Lorong Surau, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten  Inhil. 
    
“Sebagian bangunan yang terbakar semi permanen dan lokasi jalan yang sangat kecil sehingga mobil pemadam kebakaran kesulitan masuk menuju lokasi kebakaran. Akibatnya 6 unit rumah hangus terbakar dan 2 unit rumah rusak ringan,” ujar Kasubag Humas Polres Inhil AKP Syafri Joni SE kepada riaupotenza.com. 
   
Dari keterangan saksi Indra bahwa kejadian itu bermula saat dia mendengar suara teriakan warga yang melihat api membesar dari salah satu rumah warga.
   
Diduga asal api berada di sekitar belakang rumah saudara AAN ada Api yang lumayan besar. Selanjutnya Saksi keluar rumah dan meminta pertolongan kepada zainal beserta warga setempat untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya, namun api dengan cepat dan merambat ke bangunan sekitar.
    
Safri joni menjelaskan api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 18.15 setelah mendapat pertolongan dari Damkar sebanyak 3 unit dan 1 unit pemadam kebakaran swadaya masyarakat dan segera memadamkan api dan berhasil dipadamkan sekira pukul 19.30 Wib. 
     
“Diduga Api berasal dari belakang rumah Saudara AAN dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” ujarnya. Sementara kerugian akibat kebakaran belum dapat dipekirakan. Dan peristiwa kebakaran ini ditangani oleh unit Reskrim Polsek Tembilahan Hulu.
    
Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Inhil Sirajudin Halim menjelaskan kebakaran itu terjadi di pemukiman penduduk Jalan H Arief, Gang Kampung Baru 1, Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu sudah bisa diatasi.
    
“Alhamdulillah api sudah bisa dikuasai. Saat ini masih proses pendinginan,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Inhil Sirajudin Halim, Selasa (27/11). Diterangkan Sirajudin, Dinasnya saat ini menurunkan tiga unit mobil Damkar dengan 40 personil.
    
“Kita belum ketahui penyebab kebakaran, tapi diperkirakan dari arus pendek listrik,” tambahnya. Ditempat yang sama, Camat Tembilahan Hulu, M Nazar menerangkan hingga sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan jumlah korban kebakaran.
    
“Pihak RT masih lakukan pendataan. Kita belum dapatkan data pastinya,” ujar Camat melengkapi keterangan.
    
Di tempat terpisah, Ketua RT Lorong Surau, Mizan menerangkan, amukan api pertama kali diketahui berhampiran dengan berkumandangnya adzan magrib. Pada saat api membakar, angin bertiup dari arah darat menuju arah sungai Indragiri. zal

Nama Korban Kebakaran
1. YANTAK, 45 Th, Banjar, Pekerjaan RT 001, Jln. H Arief Lr Kampung Baru I. (Hangus Terbakar).
2. AAN, Banjar, 35 thn, Buruh, Lr. Kampung Baru I, Jln. H. Arief, Tembilahan Hulu. (Hangus Terbakar).
3. Sdri. SITI AISYAH, 63 thn, Banjar, Wiraswasta, Gg. Kampung Baru I, Jln. H. Arief, Tembilahan Hulu.(Hangus Terbakar).
4. ACIL, 35 th, Banjar, Alamat Lr. Surau, Jl. H. Arief Tembilahan Hulu.(Hangus Terbakar).
5. HALIMAH, 55 Th, Alamat Lr. Surau, Jl. H. Arief Tembilahan Hulu.
(Hangus Terbakar).
6. LENA, 40 Th, Alamat Lr. Surau, Jl. H. Arief Tembilahan Hulu.
(Hangus Terbakar).
7. RAHAWITA, 27 Th, Alamat Lr. Surau, Jl. H. Arief Tembilahan Hulu. (Rusak Ringan).
8. HENTONI, 35 Th, Alamat Lr. Kampung Baru 1, Jl. H. Arief Tembilahan Hulu. (Rusak Ringan). zal