Baksos Program KKBPK Tingkat Provinsi Riau Resmi Dibuka


riaupotenza.com
BKKBN Perwakilan Riau, Agus Putro Proklamasi didampingi Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan ketua TP PKK kota Dumai Hj Haslinar Zul serta dari TNI Polri termasuk Forkompinda Dumai memukul gong pada kegiatan Bakti Sosial program KKBPK Bersama TNI Polri tingkat Provinsi Riau di kota Dumai.

DUMAI (RPZ) - Plt Gubenur Riau melalui Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Riau Agus Putro Proklamasi Selasa (27/11/2018) secara resmi membuka kegiatan Bakti sosial program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama TNI-Polri tingkat Provinsi Riau tahun 2018 yang dipusatkan di Kota Dumai tepatnya di SMK Perikanan jalan Cendrawasih Kelurahan Datuk Laksamana Kecamatan Dumai kota. 

Kegiatan Bakti sosial Program KKBPK ini ditandai dengan pemukulan Gong oleh kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Agus Putro Proklamasi disaksikan oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan unsur TNI-Polri serta Forkopimda dan dilanjutkan dengan pelepasan balon program KB oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Haslinar Zul AS.

Ketua Panitia Penyelenggara Program KKBPK bersama TNI-Polri Tingkat Provinsi Riau Hj Haslinar Zul AS dalam laporannya menjelaskan, kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki criteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sector terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Pemerintah Kota Dumai telah mencanangkan tujuh Kampung KB yang tersebar di tujuh Kecamatan se Kota Dumai, yaitu Pada Tahun 2016 lalu yaitu di Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan dan Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan, dan pada Tahun 2018 ada 5 Kampung KB yaitu Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, Kelurahan STDI Kecamatan Dumai Barat, Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur, dan Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai. 

''Sesuai dengan tujuannya, Kampung KB diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sector terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,'' ujarnya.

Haslinar menjelaskan, dalam melaksanakan programnya, Kampung KB mempunyai Kelompok Kerja (Pokja) yang berfungsi menggerakkan lini masyarakat untuk aplikasi 8 (delapan) fungsi keluarga. Pokja Kaampung KB dapat dikembangkan dengan kondisi, kebutuhan, kemampuan dan muatan daerah masing-masing, yang terdiri dari unsur camat, lurah, TP-PKK, kader, toga/toma, PPKBD, kelompok masyarakat lainnya serta didukung oleh Pemerintahan Daerah dengan mitra Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan serta Pihak Swasta yang menjalankan usahanya di lingkungan Kampung KB tersebut. 8 (delapan) fungsi keluarga disini, antara lain fungsi kegamaan, fungsi sosialisasi/pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi ekonomi, fungsi perlindungan, fungsi kasih sayang, fungsi social budaya dan fungsi pembinaan lingkungan.  

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Riau Agus Putro Proklamasi berharap dengan kegiatan Program Baksos KKBPK bersama TNI Polri ini diharapkan bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya progam kesehatan dan keluarga berencana, dalam rangka peningkatan Kesejahteraan dan Kualitas SDM masyarakat di Provinsi Riau. mdi