Perhatian Serius untuk Penanggulangan Longsor


riaupotenza.com
TANAH LONGSOR-Reruntuhan bangunan rumah warga yang hancur akibat bencana tanah longsor di RT 02, RW 05 Kelurahan Kuala, Enok Kecamatan, Tanah Merah, Inhil.

TANAH MERAH (RPZ) — Kelurahan Kuala Enok menjadi langganan bencana tanah longsor. Hal itu terbukti dalam satu bulan ini bencana terjadi untuk Kedua kalinya.
    
Dengan kerapnya terjadi tanah  longsor Perlu menjadi perhatian serius untuk Pemerintah dalam menanggulanginya. Kali ini bencana Tanah longsor terjadi di Jalan Aec RT 02, RW 05, Kampung Baru Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, pada Minggu (25/11) sekitar pukul 23.00 Wib.
    
Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang kerap melanda pemukiman warga yang berdomisili pinggir Sungai Kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah ini. Hanya kerugian ditafsirkan mencapai ratusan juta rupiah dan 5 Unit rumah warga dan 2 pelabuhan rusak berat dan mengakibatkan 6 Kepala Keluarga dengan 17 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal.
    
HM Nur Ketua RW setempat, saat dikonfirmasi dikediamannya, mengungkapkan, sebelumnya sekitar satu Minggu yang lalu terjadi retaknya tanah, berdasarkan pengalaman sebelumnya jika terjadi retakan tanah paling lambat malamnya sudah rubuh.
   
Namun kali ini seminggu baru terjadi runtuh. Menurutnya, kejadian bencana Tanah longsor ini sudah terjadi sekitar 50 Tahun yang lalu, dulunya sungai ini (sungai Enok), kecil akibat bencana terus terus mengikis menjadi besar seperti saat sekarang ini.
    
Penuh pengharapan, agar pemerintah dapat membangun kan Dam di pinggiran Sungai ini guna mencegah terjadinya bencana serupa untuk terjadi.
   
Sementara, nama nama warga yang menjadi korban bencana Tanah longsor ini yakni, H DG Pasai, H Muh Nur, Umar, H Hamsan, dan Siti Maryam.bud