RAPBD Meranti 2019 Diprediksi Naik 21 % Dari Tahun Lalu


riaupotenza.com
Penyerahan nota keuangan APBD 2019 Irwan Nasir kepada Ketua DPRD Meranti Fauzi hasan dan jajaran.

SELATPANJANG(RPZ)-Pemda Meranti terus komit meningkatkan target pendapatan dan belanja yang terarah. Sepeti baru-baru ini dalam penyampaian nota keungan, prediksi APBD 2019 meningkat pesat jika dibandingkan dari tahun sebelumnya. 

Hal itu diutarakan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan Nasir saat paripurna penyampaian nota keuangan RAPBD 2019 diprediksi meningkat sebesar 21 persen dari tahun anggaran 2018. 

"Penerimaan daerah pada tahun anggaran 2019 ditargetkan sebesar Rp. 1,43 triliun lebih, meningkat sebesar Rp.253 miliar Iebih atau naik 21 persen jika dibandingkan dengan target penerimaan daerah pada APBD Tahun Anggaran 2018 sebesar 1,130 triliun lebih," ujarnya. 

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para pejabat yang terlibat atas persetujuan nota kesepakatan plafon tersebut sebagai dasar penyusunan RAPBD 2019. 

Walaupun demikian, diungkapkan Irwan Nasir asumsi dasar perhitungan RAPBD tahun 2019 diperkirakan masih akan sangat dinamis dan menantang. 

Maka dalam rangka penyusunan RAPBD 2019, disampaikannya beberapa hal terkait pendapatan, belanja, pembiayaan daerah agar fokus kepada sumber potensial yang berdampak kepada peningkatan PAD. 

"Upaya tersebut dilakukan antara lain melalui peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi pengelolaan sumber-sumber pendapatan daerah. Selain itu mendorong peningkatan kepatuhan melalui reformasi administrasi pelayanan perpajakan yang lebih sederhana dan transparan,"ujarnya, Selasa (20/11/18)siang. 

Disamping peningkatan sumber-sumber pendapatan tersebut, pemerintah daerah juga akan terus menjaga iklim investasi dan mendorong kemajuan dunia usaha domestik.

"kita berharap agar dilakukan inovasi dan terobosan sebagai kerja kita bersama sehingga menghasilkan sumber-sumber pendapatan baru," harap Bupati.

Penerimaan daerah pada tahun anggaran 2019 ditargetkan sebesar Rp. 1,43 triliun lebih, meningkat sebesar Rp.253 miliar Iebih atau naik 21 persen jika dibandingkan dengan target penerimaan daerah pada APBD Tahun Anggaran 2018 sebesar 1,130 triliun lebih. 

AdapuN alokasi rencana Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019 meliputi Belanja Tidak Langsung sebesar Rp. 590 Milyar Lebih dan Belanja Langsung sebesar Rp. 840 Milliar lebih. 

Mengenai pembiayaan daerah yang terdiri dari penerimaan pembiayaan direncanakan sebesar Rp. 35 miliar yang bersumber dari SlLPA. 

"Besar harapan kami, DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti terus mendukung Kebijakan Pemerintah Daerah, dan terus bersinergi dan bekerja sama, bergotong royong demi mewujudkan Kabupaten Kepulauan Meranti yang inovatif, produkif, kompetitif, inklusif dan berkarakter,"ujar Irwan.(Adv)