Pemda Meranti Bangun Jalan Terbaik Sebagai Acuan 


riaupotenza.com
Jalan Peramuka, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

SELATPANJANG(RPZ)-Pembangunan Jalan Peramuka, Kecamatan Tebingtinggi dijadikan sebagai percontohan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk membangun jalan pusat kecamatan lainnya. 

Tak pelak jalan yang memiliki panjang 1,4 Km itu ditargetkan akan menjadi satu-satunya ruas jalan terbaik saat ini. Selain berfungsi sebagai akses penghubung, Jalan Pramuka ditargetkan menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat, khususnya bagi pejoging dan pesepeda. 

Untuk mewujudkan itu, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU PRPKP), Pemkab Kepulauan Meranti mengalokasikan lebih kurang Rp29,8 miliar. 

Sejumlah fasilitas yang akan ada dijalan selebar 18 meter terebut yakni lajur pesepeda, trotoar untuk pejalan kaki, dan median jalan untuk taman.

Kabid Bina Marga, Sabri mengatakan jalan tersebut nantinya bisa dijadikan sarana untuk pelaksanaan car free day di Selatpanjang. 

"Konsep pembangunan jalan itu sesuai dengan intruksi pak Bupati (Drs H Irwan MSi). Dia ingin ada satu ruas jalan yang menjadi percontohan pembangunan infrastruktur di Meranti. Ruas jalan itu nantinya akan menjadi acuan bagi pembangunan ruas jalan di Pusat Kecamatan di Meranti," ujarnya.

Apalagi Pemkab Meranti juga merencanakan membangun Kantor Bupati di Jalan Pramuka. Sehingga harus memiliki kualitas jalan yang terbaik dan mudah diakses masyarakat.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, ke depan ruas jalan tersebut, tambah Sabri akan dihubungkan dengan Jalan Banglas, Perumbi hingga ke Jalan Sungai Niur di Desa Alah Air.

“Dengan begitu, komplek perkantoran Bupati Kepulauan Meranti bisa diakses warga dari berbagai arah," tambahnya.

Pembangunan, Jalan Pramuka sebagai jalan percontohan di Kabupaten Kepulauan Meranti juga mendapat apresiasi dari Wakil Rakyat. 

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Darwin Susandi mengaku, selain menjadi akses penghubung, jalan tersebut juga menjadi simbol keberhasilan Pemkab Kepulauan Meranti dalam menjalankan pembangunan yang memperhatikan kehidupan sosial. 

Ia berharap, ke depan Pemkab Kepulauan Meranti tetap melaksanakan program pembangunan dengan memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Dengan begitu fungsi pembangunan infrastuktur di Meranti bisa dinikmati semua kalangan. 

"Konsep pembangunan Jalan Pramuka sangat bagus. Ini adalah terobosan pembangunan infrastuktur di Meranti tidak hanya untuk pengguna kendaraan bermotor saja, Jalan Pramuka juga bisa dijadikan tempat rekreasi yang murah bagi semua kalangan," ujar Darwin.(Adv)