Jelang Pemilu 2019, Kapolda Akui Ada Gesekan di Riau


riaupotenza.com
Kapolda Riau membubuhkan tanda tangan Deklarasi Pemilu Damai dan Sejuk di GedungTengku Mahratu Siak.

SIAK (RPZ) — Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) setentak tahun 2019 mendatang, sudah terjadi gesekan-gesekan di Riau. Untuk itu seluruh masyarakat Riau harus berkomitmen bersama menjaga kondusifitas sehingga tercipta situasi yang aman, damai dan sejuk.

Demikian disampaikan Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dalam safari sinergitas Pemilu 2019 Forkopimda Riau di Kabupaten Siak, Rabu (14/11) malam. ‘’Sudah ada gesekan, saya tidak sebutkan daerahnya, yang jelas bukan di Siak,’’ tandasnya.

Pemilu, kata Widodo, adalah pesta demokrasi wujud kedaulatan rakyat untuk memilih wakil ataupun pemimpinnya untuk menjalankan roda pemerintahan. Hal mana sejatinya harus dijalankan dalam situasi damai dan hati yang gembira, tidak terjebak dalam persaingan tidak sehat karena mementinhkan ego diri ataupun golongan.

‘’Silahkan berkompetisi. Tapi bersainglah secara sehat. Tidak saling menjelekkan. Siapapun yang terpilih nanti, itulah pemimpin kita dan kita semua harus loyal,’’ tegasnya.

Kapolda juga wanti-wanti terkait maraknya berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian di media sosial. Dia meminta masyarakat tidak begitu saja membagikan (share) pesan tanpa meyakini kebenarannya. Bilamana hal ini terjadi, tentunya akan merugikan diri sendiri karena bakal berurusan dengan pihak berwajib.

‘’Jangan sembarang share, yakini dulu kebenarannya. Saat ini Polri sudah memiliki alat canggih yang bisa mendeteksi siapapun yang menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian ataupun yang berpotensi mengganggu Kamtibmas. Jadi pelakunya tidak akan bisa menghindar dari jeratan hukum. Maka waspadalah, bijaklah dalam menggunakan media sosial,’’ pintanya.

Khusus untuk Siak, Kapolda mengakui sebagai daerah yang sangat kondusif, di mana seluruh elemen masyarakatnya memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga kondusifitas.

Dalam safari tersebut, Kapolda juga membubuhkan tanda tangannya dalam baleho deklarasi pemilu damai dan sejuk bersama seluruh Forkopimda dan elemen masyarakat Siak. pr/mx