Air Sungai dan Parit Terus Meluap

433 Jiwa Dikepung Banjir


riaupotenza.com
TERENDAM BANJIR-Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat air sungai meluap. Sejumlah daerah di Kabupaten Inhu terendam banjir.

INHU (RPZ) - Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Inhu saat ini membuat sejumlah sungai dan parit meluap. Sedikitnya 118 Kepala Keluarga (KK) dengan 433 jiwa di Desa Penyaguan terkepung banjir karena rumahnya ikut terdampak banjir.
     
Informasi yang berhasil didapatkan dari Kepala Desa Penyaguan, Siman menyebutkan, ada sekitar 118 KK, 433 jiwa, rumah mereka terkena banjir. 
    
Banjir yang melanda desa itu akibat luapan Sungai Gansal yang tak sanggup lagi menampung debit air yang begitu deras setelah diguyur hujan pada Rabu (14/11) sore hingga sepanjang malam. 
     
“Data tersebut merupakan hanya data sementara yang berhasil disurvei hingga pukul 20.00 Wib. Kemungkinan bisa saja bertambah mengingat hujan pada saat ini masih terjadi,” sebutnya.
     
Dikatakan Siman, memang banjir di desanya itu adalah banjir yang setiap tahunnya sering terjadi. “Namun pada tahun ini cukup lumayan besar sehingga ketinggian banjir mencapai antara 50 hingga 60 cm lebih,” katanya.
     
Dalam menghadapi situasi banjir tersebut Pemdes Penyaguan cepat mengambil tindakan yaitu dengan mempersiapkan tenda-tenda darurat untuk para korban banjir. 
     
Diharapkan juga dengan terjadinya banjir di wilayah desa naungannya itu, Siman berharap kepada intansi terkait untuk cepat tanggap membantu para korban banjir.sur