Tugas Kades Itu Berat dan Jangan Terjerat Hukum

Bupati Pelalawan Ingatkan Lima Kades di Ukui


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan HM Harris saat melantik 5 kepala desa hasil Pilkades serentak di halaman Kantor Camat Ukui.

UKUI (RPZ) - Menjadi pemimpin merupakan amanah. Dan amanah itu berat bagi setiap pemimpin. Tak hanya dipertanggungjawabkan di dunia, tapi juga sampai ke akhirat. Begitu pula menjadi kepala desa (Kades). Namun, jika berlaku jujur, adil dan transparan, maka beban berat akan terasa ringan, apalagi didukung oleh masyarakat.  Tak hanya itu, seluruh kepala desa juga diingatkan jangan sampai terjerat dengan masalah hukum dalam bentuk apapun.

Hal ini dikatakan Bupati Pelalawan, HM Harris saat melantik 5 kepala desa hasil Pilkades serentak belum lama ini. ‘’Mudah-mudahan  kepala desa yang sudah di lantik dapat menjalan roda para Kades yang dilantik bisa menjalankan pemerintahan desa dengan transparan dan jujur serta terbuka kepada masyarakatanya,’’ kata Bupati di halaman Kantor Camat Ukui, Selasa (13/11/2018).

‘’Kepala desa mempunyai tanggung jawab yang sangat berat di pundaknya. Saya berharap kepala desa se Kecamatan Ukui khususnya dan seluruh kepala desa se Kabupaten Pelalawan tidak terjerat dengan persoalan hukum,’’ ujar HM Harris mengingatkan kepala desa agar transparan dalam penggunaan anggaran desa dan tidak sampai terjebak dengan persoalan hukum.

Ketua DPRD Pelalawan, H Nasaruddin SH MH yang juga pada kesempatan itu juga mengatakan, tahun 2019 mendatang Kecamatan Ukui akan mendapatkan pembangunan jalan aspal dan serta gedung serbaguna. ‘’Insyaa Allah tahun depan, Kecamatan Ukui akan mendapatkan sejumlah item pembangunan. Ada jalan aspal, ada gedung serba guna,’’ jelasnya.

Kendati tidak merinci di mana lokasi pembangunan yang dimaksud, namun Ketua DPRD Pelalawan ini menyebutkan bahwa pembangunan yang didapat kecamatan yang berbatas dengan Kabupaten Inhu itu karena Kecamatan Ukui Puskesmas Ukui merupakan nomor 1 di seluruh indonesia yang mendapat bintang empat khususnya di bidang kesehatan.

‘’Apalagi masalah kesehatan ini merupakan salah program Bupati Pelalawan yaitu Pelalawan Sehat atau menuju Pelalawan Emas,’’ papar Nasarudin.

Sementara itu sebelum dilaksanakan pelantikan kepala desa Masa Bhakti 2018-2024, terlebih dulu dilakukan prosesi pembacaan dan pengambilan sumpah oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Ukui Suranto SAg terhadap 5 kepala desa yang dilantik masing-masing Kepala Desa Bukit Gajah Taryam SE, Kepala Desa Lubuk Kembang Sari M Iwan Kusmawan, Kepala Desa Lubuk Kembang Bunga Ir Rusi Khairus Selamet, Kepala Desa Air Hitam Tanzi Sitorus dan Kepala Desa Air Emas Agus.

Selain Camat Ukui Amri Juharza SKom tampak juga hadir, Kepala Bappeda Pelalawan Ir M Syahrul MSi,  Kapolsek Ukui AKP Lassarus Sinaga, Kepala Blud Puskesmas Ukui H Joko Hadi SZ SKm, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs Novri Wahyudi, Danramil, Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. amr