Banjir Tenggelamkan Halaman Sekolah


riaupotenza.com
TERENDAM BANJIR -- Akibat hujan terus mengguyur sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan halaman SDN 025 Desa Kuantan Tenang, Rakit Kulim terendam banjir.

INHU (RPZ) - Hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Inhu menyebabkan banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Rakitkulim. Akibatnya empat Sekolah Dasar di sejumlah desa tersebut terendam banjir karena halaman sekolah mereka terendam banjir.
    
Oleh karena itu empat sekolah sejak dua hari lalu terpaksa diliburkan karena tidak dapat melakukan kegiatan belajar karena akses menuju sekolah tergenang air bahkan lantai sekolah ketinggian air mencapai 80 cm, pada Kamis (8/11).
     
Empat desa yang sarana SD nya terdampak banjir itu adalah Desa Kuantan Tenang, yakni SDN 004 dan SDN 025, Desa Kampung Bunga, SDN 003 Kelas Jauh, Desa Petonggan, SDN 006, dan Desa Batu Sawar, SDN 001. 
     
Menurut Korwil Disdikbud Kecamatan Rakitkulim saat dikonfirmasi riaupotenza.com melalui stafnya Yon Karyadi SPd, Kamis (8/11) genangan air tersebut dampak dari luapan Sungai Indragiri dan hujan deras yang terjadi di wilayah setempat.
     
Empat desa tersebut berada di bantaran DAS (daerah aliran sungai) Sungai Indragiri yang sudah menjadi langganan banjir setiap tahun ketika musim penghujan.
     
“Dari informasi Kepala Sekolah SDN yang terendam banjir, rata-rata sekolah mulai digenangi banjir sejak tiga hari lalu. Kondisi air ada yang mencapai 80 cm dari lantai ruangan sekolah atau sepinggang orang dewasa. Dan sejak dua hari lalu siswa terpaksa diliburkan”, ujar Yon Karyadi.
     
Kondisi terkini, aktivitas siswa terganggu karena sejumlah jalan penghubung antar desa maupun dusun tergenang air hingga setengah meter lebih. Hingga kini air terus berangsur naik, jalan menuju kesekolah dan halamannya tergenang air hingga 50 cm lebih. Lantai ruangan sekolah juga terendam mencapai ketinggian lebih dari 50 cm. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar terpaksa diliburkan dan siswa belajar di rumah, paparnya. asr