Satpol PP Tutup Alfamart Simpang Martabak


riaupotenza.com
Anggota Satpol PP ketika mendatangi mini market Alfamart Simpang Martabak, Rabu (7/11).

BAGANBATU (RPZ) — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bagansinembah, telah mendatangi toko modren Alfamart, yang terletak di Simpang Martabak, persis di persimpangan Kecamatan Simpang Kanan, Kepenghuluan Baganbatu Barat, Kecamatan Bagansinembah.

‘’Kita sudah datangi TKP tadi pagi (Rabu 7/11). Kita tinggal menunggu arahan camat, nanti sore kita tutup,’’ tegas Safii Zamjira, Danpos Satpol PP Bagansinembah. 

Ia mengungkapkan, ketika mendatangi Minimarket  Alfamart itu, memang tidak bisa menunjukkan izin-izinnya. ‘’Kita sudah cek dan ternyata memang tidak ada,’’ paparnya.

Minimarket modren Alfamart ini tetap nekat membuka usahanya, meski belum ada izin. Bahkan, Camat Bagansinembah, Sakinah SSTP MSi, mengaku kesal atas tindakan Alfamart yang terkesan tidak sopan tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Satpol PP Rohil, Suryadi SE kepada riaupotenza.com, Rabu mengatakan, sebagaimana pengalamannya yang pernah menjabat sebagai camat, untuk berdirinya sebuah  ritel sebelumnya dilakukan survei.

Setelah survei, maka pihak pengusaha akan meminta rekomendasi izin kepada lurah setempat dan kemudian kepada camat. Namun jika tidak ada izin, Suryadi menegaskan, akan melakukan pemasangan segel ke toko Alfamart tersebut.

‘’Saya akan telpon BKO Satpol PP yang di Bagansinembah untuk mengecek dan kita tutup toko itu,” tegas Suryadi.

Sebelumnya, Camat Bagansinembah Sakinah mengaku heran, perusahaan sebesar seperti Alfamart tersebut belum mengantongi izin, namun sudah berani terang-terangan beroperasi. Seharusnya, setiap usaha harus ada izin lebih dahulu baru dibuka.

Sakinah sangat menyayangkan, perusahaan Alfamart tersebut sepertinya tidak tahu aturan. ''Usaha sebesar itu masak tidak tahu aturan, main suka-suka hati saja,'' ujarnya.

Sakinah juga menjelaskan, untuk gerai yang lainnya sudah mengantongi izin, akan tetapi toko Alfamart yang di lokasi di Dusun Simpang Martabak Kepenghuluan Bagan Batu Barat, simpang masuk Kecamatan Simpang Kanan tersebut, pihaknya sengaja tidak mengeluarkan izin toko modern tersebut. pnr