Polisi Kawal Truk Pembawa BBM 


riaupotenza.com
Macet panjang sering terjadi di lintas Duri - Pekanbaru.

PEKANBARU (RPZ) - Terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) beberapa pekan terakhir, yang diduga disebabkan pengiriman dari Dumai karena terkendala kemacetan di lintas Duri - Pekanbaru, tiga Polres di Riau, melakukan pengawalan truk tangki yang mengangkut Premium, Pertalite dan Petamax.  

Dari pantauan pihak Kepolisian, titik kemacetan terjadi di jalan lintas Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. 

Sejumlah truk tangki yang dikawal membawa pasokan BBM dari Kota Dumai menuju Pekanbaru melintasi titik macet. Upaya pengawalan dilakukan Polres Dumai, Polres Bengkalis hingga Polres Siak secara estafet bergantian mengawal truk tangki tersebut.

‘’Pengawalan kita lakukan dengan pola estafet, Satlantas Polres Dumai mengawal dari tempat pengisian truk tangki di Dumai. Kemudian ketika tiba di perbatasan Duri, ganti dikawal oleh Polres Bengkalis,’’ ujar Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan, Senin (5/11).

Pengawalan dilakukan personel polisi untuk memprioritaskan truk tangki yang membawa pasokan BBM itu bisa melintasi jalan raya. 

‘’Pengawalan kita lakukan itu agar BBM sampai ke tujuan dengan lancar dan aman. Jadi kalau transportasi tidak menjadi kendala lagi, karena di titik kemacetan, tangki ini kita prioritaskan,’’ jelas Restika. 

Mantan Kapolres Siak itu mengungkapkan, truk tangki pengangkut BBM baik subsidi maupun nonsubsidi itu berjalan dari Kota Dumai, kemudian melintasi Duri, hingga di titik macet di Pinggir, lalu lewat Kandis, Kabupaten Siak hingga menuju Pekanbaru. 

Sambung Restika, begitu pun sebaliknya, jika kondisi tangki sudah kosong, truk akan kembali dikawal dari Pekanbaru menuju Dumai. 

‘’Pengawalan kita lakukan baik siang maupun malam hari,’’ pungkas Restika.(rpg)