Formasi Dikhawatirkan Tak Terpenuhi

Hasil Tes CPNS di Bawah Standar


riaupotenza.com
Ikhwan Ridwan

PEKANBARU (RPZ) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau mengkhawatirkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Riau tidak terpenuhi sesuai kuota. Hal itu melihat hasil rangking sementara hasil tes CPNS di Riau yang masih minim memenuhi passing grade.

Hal tersebut disampaikan Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan. Ia mengatakan, laporan yang diterima BKD terhitung Senin (5/11), jumlah peserta CPNS yang memenuhi passing grade baru berjumlah sebanyak 135 orang dari jumlah peserta 2.735 yang telah mengikuti tes. Sehingga hasil tersebut dikhawatirkan tidak memenuhi kuota formasi yang dibuka untuk Riau.

“Memang tes masih berjalan, tapi kita terus memantau hasilnya yang jauh di bawah standart,” katanya, Senin (5/11).

Ia mengakui, kesulitan ini juga menimbang tingginya passing grade yang ditetapkan pemerintah pusat. Kendati demikian ia tetap berharap hal itu bisa terpenuhi oleh peserta CPNS yang belum mengikuti tes.

“Untuk sementara waktu kita menunggu hasil selanjutnya, karena masih banyak peserta yang belum mengikuti tes. Mudah-mudahan bisa terpenuhi,” harapnya.

Disinggung ada beberapa daerah lain yang sudah mengajukan penurunan passing grade, ia mengatakan belum ada mengambil keputusan atau pembahasan. Karena masih menunggu hasil tes berikutnya yang jumlah pesertanya masih banyak tambah lagi waktu masih kama sampai 22 November kedepan. 

Namun jika hasil kedepan tetap tidak memenuhi maka ia akan mengkoordinasikan dengan pemerintah pusat. Artinya untuk saat ini BKD Riau melihat hasil tes yang berjalan ke depan.

“Yang ikut tes itu kan baru 2.735 peserta dan masih ada sekitar 6.000-an peserta lagi yang sebelumnya berjumlah 9.936 pendaftar,” tuturnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, total formasi yang diterima Riau jumlahnya 357 formasi, jika sampai akhir tes tidak terpenuhi ia kembali menyerahkan pada pemerintah pusat untuk mengambil keputusan. Karena penurunan passing grade itu merupakan kewenangan pusat. 

“Untuk itu kuncinya kembali dan tunggu hasil tes kedepan, yang pasti bagaimanapun juga kita tetap berharap bisa terpenuhi, agar proses penerimaan bisa berjalan dengan maksimal dan cepat,” tutupnya. (dre)