Camat Ini Minta Cakades yang Menang Merangkul Masyarakatnya


riaupotenza.com
Ade Suwirman

BENGKALIS  (RPZ) — Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang II di Kecamatan Bengkalis telah di dapat hasil akhirnya. Camat Bengkalis Ade Suwirman, Senin (5/11/2018) berharap Calon Kades (Cakades) terpilih merangkul semua elemen di desanya, tak terkecuali untuk Cakades yang kalah dalam kontestasi juga turut di ajak bersama-sama membangun desa.

Hal itu disampaikan Ade Suwirman menyikapi hasil Pilkades serentak, meliputi Pilkades Sebauk, Temeran, Ketam Putih, Penebal, Kelapapati, Air Putih, dan Teluk Latak. Dari tujuh desa tersebut, helat demokrasi sudah berjalan dengan baik, dan sampai hari ini belum ada didapat sanggahan atau keberatan dari peserta Pilkades ataupun ketidakpuasan para calon.

“Untuk kecamatan Bengkalis, Pilkades serentak di 7 desa belum ada laporan sanggahan atau ketidakpuasan dari peserta. Hari ini sudah terkumpul dan dirangkum hasil plenonya, untuk segera dilaporkan ke kecamatan, dan kecamatan (kita) laporkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkalis,” kata Ade Suwirman.

Menurutnya, untuk Pilkades serentak Gelombang II ini, di Kecamatan Bengkalis didominasi wajah baru, dan minim diikuti oleh petahana. Selain itu, petahana juga tidak menjamin bisa menang di Pilkades gelombang II. Karena, ada tiga petahana yang justru kalah dengan peserta Cakades dengan wajah baru.

Ia berharap menyikapi hasil sementara Pilkades ini. Kepada peserta yang menjadi pemenang dalam kontestasi jangan terlalu berbesar hati. Begitu juga bagi calon yang kalah harus menerima secara legowo. 

“Harapan saya, kepada peserta bagi yang menang jangan berbesar hati, dan bagi yang kalah harus menerima secara legowo. Karena ini bagian dari demokrasi, ada yang menang dan ada yang kalah. Bagi yang menang segera merangku, jangan biarkan masyarakat desa terkotak-kota,” kata Ade lagi.

Menurutnya dari pesta demokrasi Pilkades ini, persentase pemilih sangat besar. Khusus di Kecamatan Bengkalis persentase partisipasi Pilkades mencapai 80 persen masyarakat memilih. Sehingga bisa dikatakan Pilkades Gelombang II sukses dengan baik.

“Persentase partisipasi di Pilkades berada diangka sekitar 80 persen. Artinya ini menandakan jika Pilkades berlangsung suskes, dan berharap tahapan berikutnya yakni pelantikan pada Desember 2018 bisa terlaksana secara baik,” katanya. kar