Keinginan TK Pertiwi Selatbaru Akhirnya Terwujud


riaupotenza.com
Peresmian TK Pembina 2 Kecamatan Bantan oleh Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril didamping Plt Kepala Disdik Edi Sakura dan sejumlah pejabat.

BANTAN (RPZ) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, meresmikan perubahan status Taman kanak-kanak (TK)  Pertiwi menjadi TK Negeri Pembina 2 Selatbaru, sekaligus penyerahan secara simbolis makanan tambahan untuk anak pra sekolah dan perlengkapan sekolah anak PAUD  Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2018, Senin (5/11/2018) di Selatbaru Kecamatan Bantan.

Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama TK negeri Pembina 2 dan penandatanganan prasasti, yang didampingi  oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Edi Sakura, Camat Bantan Reza Novendra dan Bunda PAUD Kecamatan Bantan Siti Mutiara Pertiwi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Edi Sakura,  mengatakan, pendidikan merupakan satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan suatu bangsa.

“Oleh sebab itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional berusaha untuk menyelenggarakan sistem pendidikan yang merata di semua daerah tanpa terkecuali, sesuai dengan Visi dan Misi  pemerintah dalam bidang pendidika,” kata Edi Sakura.

Sementara Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis, Kasmarni menyampaikan, Pendidikan Anak Usia Dini  adalah kunci sukses merajut pembangunan Sumber Daya Manusia ( SDM) yang berkualitas dimasa depan karena sangat fundamental dan strategis.

Lebih lanjut Kasmarni menyampaikan, pendidikan anak adalah tanggungjawab bersama antara guru dan orangtua, maka untuk itu kedua belah pihak harus bekerjasama dan menjalin komunikasi yang baik dalam proses pendidikan anak, dengan kasih sayang, bukan dengan kekerasan.

Perubahan status dari sekolah swasta maupun yayasan menjadi sekolah negeri merupakan salah satu komitmen Pemerintah kabupaten Bengkalis untuk memajukan dunia pendidikan di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis.

"Semoga dari sekolah yang dulunya dikelola oleh yayasan, dengan dinegerikannya TK ini, mampu meningkatkan layanan pendidikan dan memiliki komitmen yang semakin baik bagi masyarakat di Kecamatan Bantan," harap Kasmarni.

Peresmian dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan, Camat Bantan Reza Novendra, Ketua Pokja III H. Akna Juita dan Bunda Paud Kecamatan Bantan Siti Mutiara Pertiwi. Peresmian Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Selatbaru Kecamatan Bantan menjadi TK Negeri Pembina 2 Selatbaru berlangsung meriah dan semarak meskipun hujan deras selama acara berlangsung di halaman TK, Senin (5/11/2018).

Salah satu penampilan kesenian yang tetap digelar di tengah hujan adalah tari tikar pandan, yang mendapat juara II lomba tari kreasi melayu tingkat kabupaten Bengkalis dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018. Tentunya hal ini merupakan salah satu bentuk apresiasi masyarakat Kecamatan Bantan atas perubahan status  TK Pertiwi. TK yang didirikan tahun 1991 awalnya dirintis oleh Pemerintah Kecamatan Bantan bersama Pemerintah desa dan masyarakat desa Selatbaru. Lokasi pertama TK Pertiwi Selatbaru ini bertempat di Perumahan Kepala Desa Selatbaru.

Perubahan status TK ini sangat dinantikan warga. Dan dengan adanya perubahan status penegerian menjadi TK Negeri Pembina 2, semoga dapat meningkatkan perkembangan pendidikan anak usia dini di Kecamatan Bantan.  erw