Nah Kan, Gara-gara Sebarkan Berita Bohong, Ibu Ini Ditangkap Polisi


riaupotenza.com
Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan memperlihatkan screenshoot berita Hoak terkait kasus penculikan anak di wilayah hukum Polres Dumai.

DUMAI (RPZ) - Saat ini jangan coba-coba memposting berita bohong alias hoaxs melalui media sosial. Pasalnya, dari berita bohong yang disebarkan itu akan membawa anda harus berurusan dengan aparat penegak hukum.

Seperti yang terjadi di Kota Dumai, Riau ini. Seorang ibu rumah tangga ditangkap polisi karena memposting berita bohong melalui akun facebooknya.

Ibu Rumah Tangga tersebut berinisial Fa (31) warga Jalan Arifin Ahmad Kelurahan Bukit Kapur Kecamatan Bukit Kapur. Wanita ini diamankan tim Opsnal Sat Reskrim Polres Dumai bersama sejumlah barang bukti termasuk HP merk Altacel Ine Touch 890 D dan akun facebook yang menyebarkan berita penculikan, termasuk hasil screenshoot akun facebook.

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan didampingi Paur Humas Polres Dumai Iptu Dedi Nofarizal, Unit Reskrim Polres Dumai, Kapolsek Bukit Kapur AKP Tumara dalam Press Conference Senin (5/11/2018) mengatakan, tersangka Fa (31) IRT warga Jalan Arifin Ahmad RT 005 Kelurahan Bukit Kapur ini berhasil diamankan oleh Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Dumai dirumah saudaranya di Jalan Paus Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat usai membuat postingan Berita Bohong (Hoax) dan menyesatkan pada akun facebook miliknya melalui handphone pada Sabtu (27/10/2018) dengan Motif Ingin Membuat Masyarakat Kota Dumai untuk lebih waspada terhadap berita yang di posting melalui akun facebook miliknya.

Adapun postingan berita bohong (Hoax) dan menyesatkan pada akun facebook miliknya bertuliskan ''Bagi warga Dumai dan sekitarnya diharapkan lebih waspada lagi terhadap pengawasan Anak2nya. Penculikan anak dah sampai kekota kita..Siang ne di Bagan Besar dah 3 anak Yg diculik. Dumai 1 Orang. Yang didumai kebetulan anak teman suami.. Jadi berita Penculikan Ini Bukan Hoax ya.. Mdh2n Qt Djauhi Dr Hal2 Yg Tdk Qt Inginkan.. Makin Galau Awak Dbuatny.."  ujar Kapolres Dumai membacakan akun facebook Fa yang sudah di screenshoot tersebut.

Berdasarkan postingan tersebut, kata Kapolres Dumai, akhirnya dilakukan pengecekan di kelurahan Bagan Besar dan diperoleh informasi bahwa berita tersebut tidak benar, kemudian dilakukan penyelidikan terhadap pemilik akun tersebut. ''Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 03 November 2018 Pemilik Akun tersebut yang berinisial FA (31) berhasil diamankan bersama sejumlah Barang Bukti yakni 1 unit Handphone merk Altacel One Touch 890D Warna Abu-abu dengan IMEI : 355191041442391 dan IMEI 2 : 355191041442409, 1 Buah Kartu Handphone, 1 buah akun Facebook a.n. Vetny Bunda Dhiwan termasuk email dan kata sandi, Hasil Screenshoot Postingan pada Akun Facebook,'' jelasnya. mdi