SDIT Ath Thaariq Gelar Wisuda Tahfidz Quran Juz 30


riaupotenza.com
Kepala SDIT Ath Thaariq Muhammadiyah Dumai Al Ridho didampingi pembina Tahfidz Ustad Asri Bahar dan ketua PD muhammadiyah Dumai H Syawir Kasim saat Mewisuda Tahfidz Quran Juz 30 angkatan ke II tahun 2018.

DUMAI (RPZ) - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ath Thaariq Muhammadiyah Dumai akhir pekan, menggelar kegiatan Wisuda Tahfidz Quran Juz 30. Kegiatan yang dilaksanana di halaman SDIT Ath Thaariq jalan mardeka lama kecamatan Dumai Kota ini dibuka langsung oleh kepala Sekolah SDIT Ath Thaariq Drs Al Ridho. Turut hadir ketua PD Muhammadiyah Kota Dumai H Syawir Kasim, pengurus Muhammadiyah Arpiz Zen, para majelis guru, wali murid, termasuk ketua PW Muhammadiyah Provinsi Riau.

Sebelum berlangsung Wisuda Tahfidz Quran Juz 30, terlebih dahulu dilaksanakan Pawai Taaruf. Selain melibatkan peserta Wisuda, ratusan Murid SDIT Ath Thaariq jalan Mardeka Dumai ini juga ikut serta memeriahkan Pawai Taaruf yang diiringi kompang. ''Untuk Pawai Taaruf rute yang dilalui star dari sekolah Jalan Mardeka lama, kemudian menuju Jalan Bintan, masuk Jalan Pengeran Hidayat/Jalan Baru, Jalan Sukajadi/Pangeran Diponegoro dan kembali ke SD Ath Thaariq Jalan Mardeka baru,'' ujar Pembina Wisuda Tahqidz Quran SDIT Ath Thaari Ustadz Asril Bahar yang juga guru di SDIT tersebut. 

Usai pawai, dilanjutkan dengan penampilan penampilan kreatifitas murid SDIT Ath Thaariq seperti Nasyid, Pidato, pembacaan surah didalam Juz 29, sholawat Nabi dan lainnya  dan diakhiri dengan Wisuda Tahfidz Quran Juz 30 oleh Kepala Sekolah SDIT Ath Thaariq didampingi ketua PD Muhammadiyah Dumai H Syawir Kasim serta pengurus Muhammadiyah serta pembina Wisuda Tahfidz Quran Juz 30. 

Kepala SDIT Ath Thaariq Dumai, Al Ridho mengatakan, kegiatan Wisuda Tahfidz Quran yang dilaksanakan ini dalam rangka mensyiarkan pentingnya pendidikan Alquran untuk dijadikan pendidikan yang mulia dan utama, serta memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang telah mengikuti ujian Tahfizhul Quran juz 30 .

'' Untuk Wisuda Tahfidz Quran Juz 30 ini merupakan angkatan kedua yang dilaksanakan oleh SDIT Ath Thaariq Jalan Mardeka Dumai. Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan tentunya tidak terlepas dari kerjasama seluruh panitia dan majelis guru yang terlibat dalam kegiatan ini, serta dukungan dari orang tua wali murid,'' ujar Al Ridho.

Dikatakan, sebelum wisuda, para peserta ini harus melewati beberapa rangkaian kegiatan yaitu menyetorkan hafalan juz 30 kepada guru Quran yang ditunjuk, kemudian sebelum dinyatakan lulus, para peserta di uji terlebih dahulu. ''Jadi yang Wisuda Tahfidz Quran juz 30 hari ini, anak-anak yang sudah dinyatakan lulus ujian,'' imbuhnya seraya mengatakan untuk pembelajaran tahfidz ini sudah dimulai dari kelas I SD.  

Ustadz Al Ridho ini menambahkan, Wisuda Tahfidz Quran Juz 30 yang dilaksanakan ini juga, salah satu upaya untuk memotivasi  anak-anak didik untuk selalu dekat dengan Alqur'an, memahami serta menerapkan apa yang terkadung didalam Alqur'an itu sendiri. ''Alquran petunjuk bagi manusia (Umat Islam) untuk menampak ke jalan yang terang. Alquran sebagai pedoman hidup dan petunjuk dari Allah SWT. Semoga anak-anak kita semua menjadi anak pecinta dan penghap Alquran,'' harap kepala SDIT Ath Thaariq Dumai Ustad Al Ridho.

Sementara itu, ketua PD Muhammadiyah Dumai, H Syawir Kasim dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi  terhadap SDIT Ath Thaariq Dumai yang telah menyelenggarakan program tahfizhul Qur’an dengan baik. ''Semoga ini dapat terus dikembangkan sebagai wujud dari visi misi sekolah yang berkarakter. Terima kasih juga kepada Komite dan Wali Murid yang sudah mendukung, sehingga lancarnya kegiatan Wisuda Tahfidz Quran Juz 30 angkatan ke II ini''demikian H Syawir Kasim.mdi