Cakades Kalah Diberikan Masa Sanggahan


riaupotenza.com
Yuhelmi

BENGKALIS (RPZ) — Proses Pleno hasil Pilkades Serentak berakhir hari ini, Jumat (2/11/2018). Dari 32 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2018, telah melalui proses pemilihan pada tanggal 31 Oktober 2018 lalu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs. H. Yuhelmi, M.Si, Jumat (2/11/2018). Menurut Yuhelmi, tahapan pleno hasil pemilihan kepala desa berlangsung dari tanggal 1-2 November 2018. 

“Alhamdulillah, 32 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak berjalan dengan lancar. Hari ini persentase Pilkades serentak ini partisipasi pemilihnya mencapai 80 persen. Sebab, Pilkades ini tentu berkaitan erat dengan hubungan emosional masyarakat dengan para calon, sehingga partisipasi tinggi,”kata Yuhelmi.

Ia juga memprediksi, dari 32 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak Gelombang II yang ada disejumlah kecamatan se-Kabupaten Bengkalis ini, sebanyak 27 desa Pilkadesnya berjalan lancar, tidak menuai masalah. Sedangkan sisanya, 5 desa diprediksi bakal menuai sanggahan atau rasa ketidakpuasan calon.

Untuk hal itu, sambungnya. DPMD Bengkalis mengatakan tetap memberikan waktu atau masa sanggahan kepada cakades yang tidak puas. Masa sanggahan atau keberatan itu diberikan pada tanggal 5-7 November 2018.

“Masa sanggah tetap diberikan kepada Cakades yang tidak puas, karena pada prinsipnya apabila selisih kurang dari 2 persen, maka Cakades punya hak untuk mengklarifikasi atau menyanggah hal itu,”katanya.

Disinggung soal jumlah Cakades yang sudah melakukan upaya sanggah. Yuhelmi menjelaskan, setakat ini baru satu desa yakni Desa Pangkalan Nyirih, Kecamatan Rupat, melalui salah satu Cakadesnya. Sedangkan dari Pilkades lainnya, masih belum sampai laporan sanggahan.

“Jika diamati dari hasil perolehan sementara, itu ada lima desa yang menyanggah. Karena kemungkinan potensi ini bisa terjadi, kendati harus didukung dengan bukti. Lima desa itu yakni Pangkalan Nyirih, Ketam Putih, Bumbung, Sejangat, dan Kelapapati. Namun yang baru masuk sanggahannya itu dari Pangkalan Nyirih,” katanya. kar