Bengkalis akan Terima DAK Bidang Jalan Rp35 Miliar Tahun 2019, Mudah-mudahan Tak Tunda Bayar!


riaupotenza.com
Kepala Bappeda Bengkalis dan jajaran foto bersama dengan Direktur Transportasi Bappenas di Jakarta.

BENGKALIS (RPZ) - Upaya "mengejar bola" untuk merebut aliran dana APBN terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis demi percepatan pembangunan Negeri Junjungan.

Hal itu sebagaimana yang dilakukan Pemkab Bengkalis melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Kamis (1/11/2018) yang diterima secara khusus oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) melalui Direktur Transportasi untuk membahas beberapa hal yang sangat strategis. 

Turut hadir dalam pertemuan itu Kepala Bappeda Bengkalis Jondi beserta jajarannya antara lain Kabid Ekonomi Muhammad Firdaus dan lainnya. Pertemuan ini adalah tindaklanjut dari pertemuan yang digagas sebelumnya dengan Kepala BAPPENAS/PPN. 

"Ini adalah bagian dari cara kami membangun komunikasi yang efektif untuk menciptakan peluang memperoleh alokasi APBN yang lebih besar dari pemerintah pusat," ujar Kepala Bappeda Bengkalis melalui Kabid Ekonomi Muhammad Firdaus, Jumat (2/11/2018).

Dari hasil pertemuan kusus itu disepakati penambahan DAK untuk Bengkalis pada tahun 2019 mendatang. ''Alhamdulilah pada tahun anggaran 2019, Kabupaten Bengkalis mendapat alokasi dana DAK bidang jalan sebesar Rp 35 Milyar. Alokasi ini jauh lebih besar dari tahun 2018 hanya sebesar 20 Milyar. Kebijakan pemerintah untuk alokasi DAK 2019 masih memfokuskan pada lokasi prioritas daerah perbatasan dan untuk mendukung percepatan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pulau Rupat,'' papar Firdaus.

Dikatakan Firdaus,  pihaknya juga berkesempatan menyampaikan dan mengingatkan kembali beberapa usulan yang pernah disampaikan agar dapat ditangani melalui dana APBN, karena memerlukan anggaran yang besar dan menyangkut dengan garis batas NKRI seperti penanganan abrasi pantai, peningkatan Jalan Gajah Mada Duri, Kawasan Industri Buruk Bakul/KIBB dan konektivitas antar pulau Pembangunan RoRo Ketam Putih (Bengkalis) - Dakal (Meranti). erw