Penyebab Insiden Jatuhnya Lion Air Masih Misterius


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

JAKARTA (RPZ) - Hingga kini pernyataan resmi penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 masih misteri. Namun, malam sebelum kejadian, pesawat tersebut sempat dilaporkan mengalami masalah dalam penerbangan dari Denpasar ke Jakarta. 

Presiden Direktur Lion Air, Edward Sirait dalam konferensi pers, Senin (29/10/2018) mengatakan, kendala muncul saat Lion Air PK-LQP tengah terbang dari Denpasar ke Jakarta pada Minggu (28/10) malam.

Edward mengatakan kondisi pesawat dari Denpasar ke Jakarta dalam kondisi baik. Apabila ada masalah, tidak mungkin pesawat itu diizinkan terbang.

Keesokan harinya, Senin (29/10) pagi, sekitar pukul 06.20 WIB, pesawat itu sudah lepas landas dengan rute Jakarta-Pangkalpinang. Sekitar 13 menit di udara, pesawat hilang kontak, kemudian dinyatakan jatuh di perairan Karawang.

Tak lama setelah insiden jatuh ini, beredar dokumen log book Lion Air PK-LQP saat menempuh perjalanan dari Denpasar menuju Jakarta. Berdasarkan data yang ada di log book tersebut, kerusakan di pesawat dianggap cukup serius.

Permasalahan muncul pada panel navigasi yang ada di sisi kapten pilot. Adapun untuk panel navigasi di sisi co-pilot tak mengalami gangguan. Merujuk pada informasi di log book tersebut, pesawat terbang dengan mengandalkan panel navigasi milik kopilot.

Apapun persoalan di Lion Air PK-LQP di Minggu malam, pesawat tersebut bisa landing dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta. Persoalan yang muncul di pesawat itu, menurut manajemen Lion Air, sudah diperbaiki sesuai prosedur. rpz/dtc