Ratusan Rumah Terendam Banjir


riaupotenza.com
Penghulu KMS Mafuri bersama kepala sekolah, guru, dan siswa SMPN 2 Pekaitan di halaman sekolah yang terendam banjir, beberapa waktu lalu.

PEKAITAN (RPZ) — Ratusan rumah warga di Kecamatan Pekaitan, terendam banjir setinggi 80 centimeter (Cm). Banjir juga merendam fasilitas umum, seperti kantor penghulu, sekolah dan rumah ibadah.

Khususnya di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari rumah yang terendam mencapai 300 rumah. Banjir sudah dialami masyarakat selama lebih kurang selama satu minggu. 

Penyebab banjir tersebut curah hujan yang tinggi, serta pendangkalan aliran navigasi, sehingga air meluap ke rumah warga. Banjir ini melumpuhkan aktivitas warga setempat. Bahkan sebagian warga mengungsi, namun sebagian lagi masih tetap bertahan di rumah.

Masfuri, Penghulu Karya Mulyo Sari, mengakui bahwa banjir kali ini merupakan terbesar semenjak 1980 silam. ‘’Ini banjir terbesar merendam rumah warga, kantor, sekolah, dan rumah ibadah,’’ kata Masfuri, Sabtu (27/10).

Pihak kepenghuluan berharap pemerintah kabupaten melakukan normalisasi kali yang mengalami pendangkalan sehingga banjir bisa teratasi. ‘’Harapan utama semoga kali atau sungai bisa dinormalisasi. Sehingga banjir segera dapat teratasi,’’ paparnya. ald