Anak Meranti tak Ada yang Lulus Pasing Grade Test CPNS


riaupotenza.com

SELATPANJANG (RPZ) - Hingga hari kedua berlangsungnya test CPNS, terdapat 722 orang peserta yang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Tes (CAT) di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Namun dari jumlah itu, tidak seorangpun peserta asal daerah tersebut yang mememenuhi syarat, atau mendapatkan nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditetapkan kementerian terkait. 

"Berlangsungnya test hari kedua ini, terdapat 722 peserta yang telah mengikuti test CAT. Namun dari jumlah tersebut hanya empat orang yang dinyatakan memenuhi nilai batas minimal, atau passing grade, " ujar Sekretaris BKD Kepulauan Meranti, Bakaruddin, Sabtu (27/20/2018) sore.

Bakar juga membeberkan dari empat orang yang dinyatakan telah memenuhi syarat tersebut tidak seorangpun berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti.  "Nama mereka diantaranya, Ismail Sinaga yang berasal dari Kota Dumai, Darteti dari Bengkalis, Sumitri dari Bagan, dan yang terakhir bernama Roudhotul Hasanah asal Kota  Pekanbaru. Sementara yang dari Meranti belum ada," ujarnya. 

Tambah Bakar lagi, mulai dari hari pertama hingga hari kedua ini terdapat 88 orang peserta telah didiskualifikasi." Mereka tidak hadir saat test berlangsung sehingga dinyatakan telah didiskualifikasi, "ujarnya. 

Untuk itu ia sangat berharap tingkat kelulusan test CPNS kali ini dapat didominasi oleh putra daerah. Namun dalam meraih itu ia menghimbau putra daerah mesti mempersiapkan diri dengan maksimal. 

"Ini moment baik, belum tau tahun mendatang akan digelar kembali test yang sama. Jadi saya berharap putra daerah dalam menjalani test agar tetap fokus dan benar benar matang dalam mempersiapkan diri mereka masing masing," ujarnya. 

Dari informasi yang dihimpun, seleksi kompetensi dasar (SKD) spesifiknya telah diatur dalam Permen Nomor 37 Tahun 2018. Adapaun kriteria penilaian terbagi tiga jenis penilian, diantaranya Test TKP (Karakteristik Pribadi), TIU (Intelegensia Umum), dan TWK (Wawasan Kebangsaan). 

Nilai ambang batas atau passing grade seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 minimal, 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK. Jumlah soal yang diujikan sebanyak 100 butir, terdiri dari 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK. wira