TTG ke XX dan PINDesKel di Bali

Stand Bengkalis Pamerkan Ikan Terubuk


riaupotenza.com
Bupati dan Istri saat meninjau stand DPMD di Bali.

BALI (RPZ) - Usai menghadiri acara pembukaan kegiatan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) tahun 2018, Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Ny.Kasmarni Amril, meninjau stand yang didirikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi acara pembukaan berlangsung, Jumat (19/10/2018).

Kabupaten Bengkalis, merupakan satu dari dua kabupaten yang mendirikan stand sebagai perwakilan Provinsi Riau. Selain Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan itu, Kabupaten Siak juga turut mendirikan stand. Artinya untuk Provinsi Riau ada tiga stand yang ikut serta memeriahkan gelar TTG ke-XX dan PINDesKel di Bali ini yakni satu stand Provinsi Riau dan dua stand kabupaten. Untuk seluruh kegiatan tersebut masih terpusat di Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Stand Kabupaten Bengkalis dengan ikon ikan terubuknya telah menampilkan diantaranya, alat tebas lahan yang merupakan karya Posyantekdes Wonosari Kecamatan Bengkalis dengan prediket juara pertama pada pelaksanaan TTG tingkat Provinsi Riau.

Juga ada alat potong rumput merupakan hasil karya dan kerja keras Posyantekdes Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis yang telah berhasil meraih juara dua pada pelaksanaan TTG tingkat Provinsi Riau, turut serta ditampilkan pada ajang gelar TTG ke-XX dan PINDesKel di Bali tersebut. 

Kemudian ada miniatur alat pemisah isi dan biji buah durian yang merupakan karya Posyantekdes Kecamatan Bengkalis, terakhir juga ditampilkan alat pemanggang otomatis, dimana alat tersebut khusus untuk memanggang makanan seperti ikan, ayam dan makanan laut yang bisa memutar panggangan secara otomatis.

Bupati Bengkalis saat melakukan peninjauan di stand Kabupaten Bengkalis menyampaikan, agar senantiasa dipublikasi serta disosialisasikan ke masyarakat, dengan harapan agar masyarakat kita Kabupaten Bengkalis senantiasai kreatif dan inovatif  serta berpacu untuk mengeluarkan ide-ide cemerlangnya dalam bidang teknologi.

“Alhamdulillah, sejauh ini kami melihat masyarakat kita sudah mulai kreativit dan inovatif dalam pengembangan tekhnologi tepat guna serta memiliki animo yang cukup tinggi dalam membuat penemuan – peneuan terbaru yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing, hal ini dapat kita lihat dari produk temuannya dan Alhamdulillah dapat tampil pada ajang TTG Nasional seperti ini,” ujar Amril Mukminin.

Lebih lanjut Bupati Bengkalis juga memberikan apresiasi atas temuan canggih dan modern hasil karya dan kreatifitas masyarakat Kabupaten Bengkalis oleh setiap Posyantekdes masing - masing desa yang ada di Kabupaten Bengkalis.

“Buat Posyantekdes jangan dulu berpuas dir walaupun saat ini sudah sampai pada level nasional, namun harus tetap ditingkatkan serta terus berinovasi agar ditahun depan kita kembali dapat ikut serta tampil kembali pada ajang serupa,” ungkap Kepala Daerah Bengkalis.

Selain itu Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis tiga periode ini juga mengharapkan agar setiap tahunnya dari masing – masing desa di Kabupaten Bengkalis melalui posyantekdes nya dapat berinovasi serta menghasilkan produk baru serta terbarukan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. 

Turut mendampingi Bupati Bengkalis pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis Jondi Indra Bustian, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Alfakhrurrazy. erw