Syamsuar Ingin Pulau Rupat Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata


riaupotenza.com
Festival Pantai Pesona Teluk Rhu-Rupat Utara dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY mewakili Bupati Amril Mukminin, dan seluruh Forkopimda Bengkalis.(sukardi)

RUPAT UTARA (RPZ) — Apa yang diimpikan H Syamsuar MSi ketika pertama sekali memijakkan kakinya di tanah Pulau Rupat sebelum menduduki jabatan Gubernur Riau kala itu, sepertinya akan terwujud. Syamsuar berkeinginan Pulau Rupat menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata dan lanjutan pembangunan infrastruktur.

Keinginan H Syamsuar ini, juga menjadi harapan dari pemerintah Kabupaten Bengkalis. Selama bertahun-tahun, Pemkab Bengkalis berupaya agar Pantai Pesona Rupat bisa berkembang baik, dan tentunya berdampak positif bagi perekonomian masyarakat di kawasan pesisir pulau tersebut.

Pemkab Bengkalis melalui agenda tahunan melaksanakan rangkaian kegiatan Festival Pantai yang digelar di Pantai Pesona Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara. Kegiatan tersebut ditaja Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis setiap tahunnya.

Festival Pantai kali ini dihadiri Sekretari Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY mewakili Bupati Amril Mukminin, dan seluruh Forkopimda Bengkalis. H Bustami berharap, Fetival Pantai bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat di Kecamatan Rupat Utara dan sekitarnya. Mengingat momentum seperti ini tentu akan mendatangkan masyarakat dari berbagai daerah baik dari masyarakat tempatan maupun para wisatawan dari luar daerah lainya.

Menurutnya, dengan adanya festival pantai rupat ini perekonomian masyarakat terus mengeliat dan meningkat, untuk itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berupaya mempromosikan potensi wisata di Riau, salah satunya distinasi Rupat Utara yang kemoleknya tidak kalah dengan daerah lainya. Apa lagi posisinya berhadapan lansung dengan Selat Melaka, dengan panjang 13 kilometer, serta berpasir putih merupakan satu pesona yang mampu memikat siapa saja yang berkunjung kesaana. Terlebih jika mendengar deburan ombak yang memangil.

Pariwisata merupakan salah satu potensi  yang harus dieksplorasi untuk meningkatkan  ekonomi masyarakat. Hal itu dapat dilihat melalui daerah-daerah yang meskipun kaya akan hasil minyak, tetapi tetap menjadikan sektor pariwisata sebagai penyokong ekonomi, sehingga ekonominya menjadi maju karena sokongan industri pariwisatanya yang baik. kar