Bank Riau Kepri Lindungi 35 Ribu Pekerja Rentan Melalui GN Lingkaran dari BPJS Ketenagakerjaan


riaupotenza.com

SIAK-Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyeluruh kepada seluruh pekerja di Indonesia semakin gencar dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Kali ini BPJS Ketenagakerjaan akan menyalurkan donasi CSR dari PT Bank Riau Kepri kepada 35 ribu orang pekerja rentan yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Donasi yang diberikan oleh Bank Riau Kepri ini diberikan secara simbolis kepada 5000 pekerja rentan dengan profesi sebagai petani, pedagang kaki lima dan sektor pekerjaan rentan lainnya yang dilaksanakan penyerahan bukti kepesertaannya oleh Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Amran Nasution, Bupati Kabupaten Siak sekaligus Gubernur Provinsi Riau terpilih, H. Syamsuar yang dilaksanakan di Kantor Bupati Siak, Kabupaten Siak, Jumat(12/10). 

Penyerahan donasi dari Bank Riau Kepri ini juga didampingi oleh Direktur Utama Bank Riau Kepri, DR. Irvandi Gustari, Komisaris Utama Bank Riau Kepri, Mambang Mit, dan jajaran direksi lainnya. Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau, Budiono yang bertanggungajawab pada perluasan kepesertaan untuk wilayah Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau.

Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan mengungkapkan “kami sudah menyalurkan ratusan ribu donasi dari banyak perusahaan di berbagai wilayah di Indonesia, harapan kami melalui GN Lingkaran ini masyarakat pekerja di Indonesia bisa terlindungi secara menyeluruh dalam menghadapi risiko sosial yang dapat terjadi dimanapun dan kapanpun, khususnya bagi para pekerja rentan”.

GN Lingkaran (Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan) merupakan sebuah inovasi sosial yang ditujukan untuk membantu perlindungan Pekerja Rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan-perusahaan atau sumbangan individual.

Pekerja Rentan merupakan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dengan penghasilan harian yang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, sehingga belum sanggup membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Oleh karena itu, dengan adanya GN Lingkaran ini, para Pekerja Rentan ini bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjan, sampai mereka mandiri untuk membayar sendiri.

Amran menjelaskan, jumlah pekerja rentan di Indonesia masih sangat banyak, dan tidak akan dapat terlindungi keseluruhannya dengan hanya mengandalkan program GN Lingkaran, perlu dukungan dari Pemerintah dalam bentuk subsidi iuran seperti Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Kami akan terus membuka kesempatan kepada perusahaan-perusahaan untuk bisa menyalurkan bantuan mereka melalui program GN Lingkaran, agar kesejahteraan bagi seluruh pekerja Indonesia dapat tercapai sesegera mungkin”, tutup Amran.(yan)