Baznas Dumai Salurkan Zakat Produktif dan Konsumtif, Ini Jumlahnya


riaupotenza.com
Walikota Kota Dumai H Zulkifli AS didampingi Wakil ketua Baznas Kota Dumai H Ishak Effendi dan ketua TP PKK Dumai Hj Haslinar secara simbolis menyalurkan Zakat Produktif dan Konsumtif tahap II kepada para Mustahik di Masjid Habiburahman kota Dumai Jumat (12/10/2018).

DUMAI (RPZ) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Dumai menyalurkan Zakat Produktif dan konsumtif kepada para mustahik di Kota Dumai sebesar Rp683.100.000, Jumat (12/10/2018).

Penyerahan Zakat dipusatkan di masjid Habiburrahman, Jalan Soebrantas Dumai ini disampaikan langsung oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS bersama Ketua Baznas diwakili Wakil ketua Baznas Dumai H Ishak Effendi bersama ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Haslinar serta didampingi utusan Kemenag Dumai.

Pendistribusian Zakat ini,  dihadiri para Unit pengumpulan Zakat (UPZ) baik dari utusan pala Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dilingkungan Pemerintah Kota Dumai dan sejumlah pengurus Baznas Kota Dumai Ishak Effendi dan Khairul Amri, H Rasyid Ridho dan lainnya.

Ketua Baznas Kota Dumai Isman Jaya Nasution melalui Wakil ketua H Ishak Efendi dalam sambutannya mengatakan, penyaluran zakat tahap II tahun 2018 dengan rincian untuk Konsumtif sebanyak 45 orang  dengan jumlah dana Rp.121.500.000 selama enam bulan,  untuk guru TPQ disalurkan untuk 57 orang guru dengan dana Rp. 102.600.000, bantuan untuk masjid 2 buah dengan dana Rp20 juta.

''Jadi, total dana penyaluran zakat tahap II Rp.683.100.0000 dan telah diserahkan kepada mustahik yang berhak menerima''ujar H Ishak.

Dikatakan, salah satu program Baznas adalah 70 persen zakat fakir miskin itu adalah untuk Produktif. ''Kami juga punya pendamping 4 orang dilapangan, yang siap mendampingi orang sudah dibantu. Jadi bagi mustahik yang benar-benar giat berusaha, kami akan bantu sampai jadi,'' jelasnya.

Wakil Ketua Baznas Kota Dumai Ishak Effendi berpesan, kiranya para mustahik yang menerima bantuan untuk bersungguh sungguh mengelola uang didistribusikan melalui Baznas ini. ''Kita berharap, program 50 KK yang telah dibuat ini berhasil dan dapat diwujudkan. Disamping itu, ucapan terima kasih kepada UPZ yang setiap bulan rela membayarkan zakat melalui Baznas,'' ujarnya.

Sementara itu Walikota Dumai H Zulkifli AS menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas Kota Dumai, yang telah bersusah payah mengumpulkan dana bantuan tersebut. Dikatakan, pekerjaan mengumpulkan dana sumbangan Baznas memang tidaklah mudah dan diperlukan dukungan dari berbagai elemen. mdi