Pendaftar CPNS 4.647, Formasi hanya 304 Orang


riaupotenza.com
Masykur Tarmizi

PEKANBARU (RPZ) - Jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemko Pekanbaru membludak. Sampai, Selasa (9/10) siang pukul 14.30 WIB sudah terdata sebanyak 4.647 pelamar.

Padahal, seperti kata Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Masykur Tarmizi SSTP MSi, jumlah formasi yang akan diterima hanya 304 orang. 

“Kalau perkiraan kami (BKPSDM, red) akan ada sebanyak 10 ribu pelamar yang nanti mendaftar. Karena masa pendaftaran masih lama,” kata Masykur, sambil menyebutkan, batas akhir pendaftaran hingga 15 Oktober 2018.

Bagaimana proses yang dilalui? Dijelaskan Masykur, saat ini calon pelamar mendaftar dulu lewat sistem online. Setelah itu, nanti akan diumumkan siapa saja yang lulus administrasi. Setelah lulus, calon akan mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).

“Setelah mengikuti TKD, barulah akan dilakukan pemberkasan. Nah, sesuai aturan dari KemenPAN, akan diambil sebanyak 3 kali lipat dari jumlah formasi. Kalau kita dapat 304, berarti yang akan ikut tes berikutnya sebanyak 912 orang,” jelas Masykur. 

Selanjutnya, sebanyak 912 orang calon ini akan ujian CAT (Computer Assistance Test).

Ditanya soal kemungkinan ada formasi yang tidak terisi, setelah nanti dilakukan tes CAT, Masykur menyebutkan, bisa saja kemungkinan itu terjadi. Namun begitu, ia berharap, para calon yang sudah mendaftar bisa mengikuti ujian dengan baik. Sehingga kuota 304 orang itu benar-benar bisa terisi penuh. (uli)