Curi Mesin Fuso, Tiga Pria Ditangkap


riaupotenza.com
Tiga tersangka pencuri mesin Fuso merk Mitsubishi, diamankan di Mapolres Rohil.

UJUNGTANJUNG (RPZ) — Diduga melakukan tindak pidana pencurian mesin fuso merk Mitsubishi milik Sutan Ritonga (43) warga Kecamatan Bagansinembah, tiga orang pria ditangkap dan dijebloskan ke sel tahanan Polres Rohil.

Informasi dirangkum, tiga pria yang ditangkap itu, yakni Benni S Sitorus (31) warga KM 11 Jaya Agung, Kecamatan Bagansinembah, Sugandi (34) warga KM 10 Jaya Agung, Kecamatan Bagansinembah, dan Riski Kurniawan (23) warga KM 10 Jaya Agung, Kecamatan Bagansinembah.

Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH, dikonfirmasi melalui Kasubag Humas Polres Rohil Iptu Yuliardi SH, Selasa (9/10) menjelaskan, pada Senin (26/10) sekitar pukul 10.00 WIB, korban melihat tiga unit mobil Mitsubishi Fuso miliknya yang di parkir dalam Ram kelapa sawit sudah tidak dipergunakan lagi (tidak beroperasi).

Saat dicek korban, pada saat itu masih dalam keadaan lengkap tidak ada yang hilang. Selanjutnya, Sabtu (21/9) yang pada saat itu korban berada di Banda Aceh, dan mendapat kabar bahwa dua unit mesin mobil Mitsubishi Fuso dan spare partnya hilang. 

Kemudian korban menelpon rekanya bernama Suprat untuk menanyakan soal kebenaran informasi bahwa mesin mobilnya telah hilang. Ketika itu Suprat menjawab bahwa kepala mobilnya dalam keadaan terangkat. 

Setelah itu, korban menelepon rekannya bernama Sitorus untuk menanyakan hal sama. Lalu Sitorus menjawab bahwa mesin mobil telah hilang dua unit, begitu juga semua spare partnya habis.

Kemudian, pada Senin (1/10) sekitar pukul 17.00 WIB, korban datang ke Ram kelapa sawit tersebut dan lngsung mengecek tiga unit mobil yang di parkir tersebut. Setelah dilihat oleh korban benar bahwa dua unit mesin mobil dan spare partnya sudah tidak ada. ‘’Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp200 juta dan selanjutnya pelapor melaporkan ke Polres Rohil guna pengusutan lebih lanjut,’’ terang Yuliardi.

Ia memaparkan, kronologis penangkapan pelaku, pada Jumat (5/10), berdasarkan hasil lidik dan informasi di lapangan unit Opsnal mengetahui keberadaan pelaku. Unit Opsnal melakukan penangkapan terhadap tersangka Benni S Sitorus yang saat itu berada di Simpang Pujud (Pinang-pinang), Kelurahan Bahtera Makmur. 

Setelah dilakukan pengembangan, berhasil menangkap tersangka Sugandi di rumahnya, Jalan Lintas Riau-Sumut, KM 10, Kelurahan Bakti Makmur, Kecamatan Bagansinembah. 

Tim kembali melakukan penelusuran dan kembali dilakukan penangkapan terhadap Riski Kurniawan di Jalan Lintas Riau-Sumut, KM 10, Kepenghuluan Bakti Makmur. ‘’Setelah itu, para tersangka dibawa ke Polres Rohil guna penyidikan lebih lanjut,’’ jelas Yuliardi.

Yuliardi menambahkan, selain para tersangka juga turut diamankan barang bukti (BB) berupa satu unit mobil Pick Up Grand Max warna hitam BK 9341 VP, tiga buah balok pendek, satu buah Hp warna hitam merk Strawberry, dan satu buah Hp merk Nokia warna biru. ‘’Sampai saat ini kasus itu terus dikembangkan oleh penyidik,’’ kata Yuliardi. fen