Kunci Sukses Seorang Mahasiswa Saat Melaksanakan PPL


riaupotenza.com
Dosen IAI TF Dumai H Rozai Akbar bersama dekan dan dosen foto bersama usai pelepasan Praktek Pengalaman Lapangan Angkatan XIII tahun 2018 Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai.

DUMAI (RPZ) - Bertempat diaula Kampus Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAI TF) Dumai, Selasa (9/10/2018) Rektor IAI TF Dumai H Rozai Akbar secara resmi melepaskan mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Angkatan XIII tahun 2018. Pelepasan PPL ini turut dihadiri sejumlah para Dekan serta Dosen program Studi sekaligus sebagai pembimbing saat berlangsungnya PPL.

Rektor IAI TF Dumai, Rozai Akbar mengatakan, pelaksanaan kegiatan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini dilaksanakan selama dua bulan, berakhir hingga Ahad kedua Desember 2018. ''Ada beberapa lokasi yang dijadikan tempat PPL para mahasiswa IAI TF Dumai yakni di UPZ Bukit Kerikil, Bumida Dumai dengan dosen pembimbing Tengku Mahesa Khalid MM,'' ujarnya.

Selanjutnya pada Badan Pusat Statistik Dumai dengan dosen pembimbing Hj Lestari Fitriany ME, Baznas Dumai dengan dosen pembimbing Khairul Azmi MA. Kemudian di  MA Ar Rozak Bukit Timah, SMKN 4 Tanjung penyembal, SMKN 3 Bagan Besar, MA Ak Imam Abi Yazid Bukit Nenas, Ponpes Modern Baitul Quran Basilam Baru dengan dosen pembimbing Imam Wahyudi MPdi, MA Al Furqon  Bagan Besar, SMA IT Muslimin Jalan Jenderal Sudirman, SMAN 1 Bukit Jin dosen pembimbing Herni Hartati M.Pd, Sekolah MA Yapi Purnama, SMA Budi Dharma Jalan Bintan dosen pembimbing Tuti Syafrianti MPd, SMK N 1 Purnama, SMAN 2 Jalan Putri tujuh dosen pembimbing Maisuhetni MPd.

''Lokasi lainnya di KUA Kecamatan Bukit Kapur, KUA Kecamatan Dumai Timur, KUA kecamatan Medang Kampai dengan dosen Pembimbing Neneng Desi Susanti M.Sy, KUA kecamatan Dumai Barat, KUA Kecamatan Sungai Sembilan, BSM cabang Kot Dumai dengan dosen pembimbing Denny Febriansyah MLit,'' jelasnya.

Praktek Pengalaman Lapangan disingkat PPL, khususnya di bidang pendidikan tingkat perguruan tinggi adalah titik kulminasi dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa di bangku kuliah. PPL merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan dalam rangka pembentukan guru yang professional.

Dipandang dari sudut kurikulum, PPL adalah suatu program mata kuliah proses pembelajaran yang menjadi persyaratan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL dirancang untuk menyiapkan mahasiswa calon guru agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mahasiswa tersebut menjadi guru, dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya secara profesional.

PPL adalah suatu program yang mensyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam pelatihan berupa kinerja dalam semua hal terutama berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. 

''Kunci kesuksesan seorang mahasiswa dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan adalah bagaimana mahasiswa tersebut menempatkan posisinya dengan baik, menjalin keakraban dengan kepala sekolah, guru dan guru pamong. Seorang mahasiswa PPL hendaknya mengetahui dan mempelajari kondisi sekolah, suasana belajar siswa, suasana di kantor dan fasilitas yang dimiliki untuk menunjang program pembelajaran yang akan diberikan selama mengikuti PPL serta bagaimana menghadapi setiap persoalan yang mungkin muncul selama PPL. Jadi, kunci kesuksesan PPL adalah di diri mahasiswa itu sendiri,'' ungkap Rektor IAI TF Dumai H Rozai Akbar. mdi