Korban Rumah Terbakar Baru Dikirimi Makanan dan Sandang


riaupotenza.com
Rata dengan tanah, beginilah kondisi rumah korban H Adnan yang ludes terbakar.

BENGKALIS (RPZ) — Musibah rumah terbakar di Gang Kebun Kapas II, RT 02, RW 02, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Bengkalis, Senin (8/10/2018) lalu menyisiakan kesedihan bagi keluarga korban.

Salah satu keluarga korban Azman (45), ditemui Riaupotenza.com, Selasa (9/101/2018) mengatakan, dari musibah ini dirinya patut bersyukur karena masih diberikan kesehatan, dan selamat dari amukan, begitupun kedua orang tuanya.

Azman mengatakan, untuk saat ini dirinya bersama keluarga hanya bisa menumpang tempat tinggal di rumah saudaranya yang berada di depan lokasi rumah terbakar. Ia menuturkan, Senin (9/10/2018) sore, sejumlah bantuan makanan, minuman, dan pakaian (sandang) diterima dari OPD Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis.

Bantuan yang diberikan itu sangat bermakna bagi keluarganya. Karena, sampai hari ini kedua orang tuanya itu tidak tahu harus bagaimana lagi, dan tentunya tetap bersabar dengan musibah yang dialami. 

“Semalam, dari pemerintah daerah langsung tanggap dan langsung menyerahkan bantuan makanan, selimut dan pakaian. Saya dan keluarga sangat berterimakasih,” tuturnya.

Ia juga berharap, akan ada nantinya bantuan berupa bahan material bangunan, untuk membuat bangunan atau tempat tinggal sementara. Melalui material bangunan itu, dirinya bersama keluarga akan bergotong royong untuk mendirikannya dilokasi rumah yang terbakar.

“Inilah musibah tidak ada yang tahu kapan akan terjadinya. Musibah bisa datang kapan saja, dan menghampiri kita, ini saya bersama keluarga sedang mengumpulkan surat-surat yang sempat di foto copy, sedangkan isi rumah sudah tidak terselamatkan lagi,” tuturnya sembari membalikkan kertas foto copy surat tanah milik keluarganya.

Terpisah, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Jamaluddin SH, Selasa (9/10/2018) dihubungi wartawan mengatakan, untuk bantuan makanan, selimut dan pakaian sudah diserahkan bersama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Bengkalis.

Ia berharap, bantuan yang diterima itu bisa sedikit mengurangi beban keluarga. Pasca mengalami musibah rumah terbakar di Kebun Kapas II. Untuk saat ini, BPBD Bengkalis hanya bisa memberikan bantuan dalam bentuk makanan siap saji.

“Bantuan berupa makanan sudah kita salurkan ke keluarga korban yang terkena musibah kebakaran, dan sudah ada di Facebook informasinya,” kata Jamaluddin.

Saat disinggung soal berkaitan dengan bantuan material bangunan yang sempat di Tahun 2017 lalu dialokasikan BPBD Bengkalis. Jamaluddin mengaku, alokasi anggaran itu bukan untuk korban kebakaran rumah, melainkan untuk korban bencana daerah.

“Ya dulu pernah kita alokasikan anggaran bantuan material itu, tapi ternyata tidak dibenarkan, karena yang dialokasikan adalah untuk korban bencana daerah, secara umum harus daerah. Memang hari ini ada alokasinya sebesar Rp 140 juta, tapi alokasinya untuk korban bencana alam daerah,” terangnya.

Mantan Camat Bantan ini juga menjelaskan, jika bantuan material bangunan untuk korban musibah rumah terbakar itu tidak diberpebolehkan lagi oleh BPK RI. Karena, sempat menjadi temuan dan tentunya OPD harus berhati-hati melaksanakannya.

“Kita tidak berani lagi menyalurkan karena PPTK takut bermasalah. Jadi, hanya bantuan makanan siap saji, pakaian, selimut yang bisa diberikan kepada korban,” ungkapnya. kar