Siap-siap, Akhir Oktober Ini 32 Desa di Bengkalis Gelar Pilkades Serentak


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

BENGKALIS (RPZ) — Sebanyak kurang lebih 32 Desa akan menggelar Pemilukades serentak pada tanggal 31 Oktober 2018 mendatang. Dari 32 desa itu akan diikuti sebanyak 124 calon kepala desa (Kades). 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi, Selasa (9/10/2018). Menurutnya, dari sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades serentak tersebut terdapat di Kecamatan Bandar Laksamana, dua desa dan 8 cakades akan bertarung. Yakni, Desa Temiang, diikuti 4 kandidat calon. Desa Tanjung Leban, juga diikuti 4 kandidat.

Sedangkan untuk Kecamatan Siak Kecil, terdapat 16 desa yang segear menggelar Pilkades serentak. Yakni, Desa Sepotong dengan 2 calon kades, Desa Sungai Siput, 2 kandidat calon kades.

Kemudian, Desa Langkat, diikuti 3 kandidat calon. Desa Lubuk Gaung, 5 kandidat. Selanjutnya Desa Jaya, diikuti 4 kandidat cakades.

Selanjutnya, di Kecamatan Bantan sebanyak 4 desa dengan jumlah cakades sebanyak 18 orang. Yakni, Desa Selatbaru, diikuti 5 kandidat cakades. Desa Muntai, 5 kandidat cakades. Desa Kembung Luar, diikuti 5 kandidat, dan Desa Teluk Lancar, diikuti 3 kandidat cakades.

Kemudian, Kecamatan Bathin Solapan, sebanyak dua desa menggelar Pilkades dengan jumlah cakades sebanyak 9 orang. Sementara itu, dari desa dari Kecamatan Bengkalis yang melaksanakan pesta demokrasi sebanyak 7 desa dengan jumlah cakades 32 cakades.

Desa Tameran, 5 kandidat cakades. Desa Teluk Latak, 5 kandidat bertarung, Desa Penebal, diikuti 5 kandidat cakades, dan  Desa Kelapapati diikuti 5 kandidat. Berikutnya, Desa Sebauk, diikuti 5 kandidat cakades. Desa Air Putih, hanya diikuti 3 kandidat.

Untuk Kecamatan Bukit Batu, satu desa dengan jumlah cakades sebanyak 5 orang. Sama dengan Bukit Batu, jumlah desa Kecamatan Pinggir yang melaksanakan Pilkades sebanyak 1 desa, namun jumlah cakadesnya 2 orang. 

Di Kecamatan Rupat Utara, jumlah cakades yang akan bertarung sebanyak 19 orang dari lima desa. Yakni, Desa Tanjung Medang, Desa Tanjung Punak, Desa Titi Akar, Desa Suka Damai. Berikutnya di Kecamatan Rupat, sebanyak 4 cakades akan memperebutkan 2 kursi Kades, yakni Desa Pangkalan Nyirih dan Desa Parit Kebumen masing-masing diikuti 2 kandidat cakades.

Sedangkan di Kecamatan Talang Muandau pemekaran, sebanyak 3 kursi kepala desa akan diperebutkan 11 cakades. Yakni Desa Tasik Serai Timur, Desa Melibur, dan Desa Kuala Penaso. kar