Sinaboi Terluas Lahan Padi di Rohil


riaupotenza.com
Bupati Rohil H Suyatno AMp bersama Plt Gubri H Wan Thamrin Hasyim menaiki combine harvester mesin panen teknologi masa kini saat panen raya di Pematang Sikek.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Potensi lahan sawah yang masih luas di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), saat ini masih terkonsentrasi aktif di enam kecamatan. Dari sekian luasnya, Kecamatan Sinaboi merupakan kecamatan terluas memiliki lahan padi sawah.

Bupati Rohil H Suyatno AMp kepada riaupotenza.com mengatakan, sebagaimana lahan sawah yang terdaftar saat ini, yang terkelola dengan baik adalah di Kecamatan Rimba Melintang dengan luas lahan 950 hektar.

Sementara lahan sawah yang luas ialah di Kecamatan Sinaboi dengan luas 7.162 hektar. Kemudian disusul Kecamatan Bangko 3.925 hektar, lalu di Kecamatan Pekaitan 3.509 hektar dan di Kecamatan Kubu 1.580 hektar.

“Yang paling luas di Sinaboi. Tapi di Rimba Melintang yang bagus padinya,” kata Suyatno.

Suyatno menyebutkan, Kabupaten Rohil merupakan daerah sentra pangan yang masih ada di Riau. Bahkan untuk surplus pangan Rohil masih kuat. Kendati hasil panen yang tak terkelola dengan baik Rohil hanya bisa sebagai penghasil gabah dan beras dari luar.

Saat ini, hasil panen petani di Pematang Sikek dan Rimba Melintang sekitarnya sangat melimpah. Hasil panen bisa mencapai 7 hingga 10 ton perhektar. Ini merupakan hasil yang sangat luar biasa.

Dalam hal padi sawah, pemerintah tak akan tinggal diam saja. Namun berupaya memberikan bantuan untuk petani yang serius mengelola sawah, asal jangan beralih fungsi. Sesungguhnya lahan sawah di Rohil khususnya Rimba Melintang dulunya sangat luas, namun seiring perkembangan jaman beralih ke tanaman keras kelapa sawit.

“Padahal dulu sangat luas, kiri kanan jalan padi semua. Sekarang berkurang ditanami sawit. Sekarang pemerintah sudah menunjang sektor pertanian dengan alat pertanian yang canggih dan juga kebutuhan obat dan pupuk. Saya harap tak ada alih fungsi lagi,” pungkasnya. iin