Gubri Minta DKP Cari Solusi Terkait Perambahan Laut


riaupotenza.com
wan thamrin hasyim

BAGANSIAPIAPI (RPZ) — Terkait persoalan aktifitas nelayan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), tepatnya di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) dan Bagansiapiapi, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) H Wan Thamrin Hasyim, meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mencari solusi terkait perambahan laut yang terjadi belum lama ini.

‘’Peristiwa laut kemarin mari kita cari solusi. Supaya tidak ada perambahan laut juga. Kalaupun ada, janganlah sok dan tidak tertib,’’ kata Wan Thamrin .

Kemudian itu, Wan Tamrin mengaku prihatin terkait penembakan yang terjadi di perairan Rohil. Sehingga menewaskan satu orang nelayan luar daerah. Namun sebaliknya, apa yang dilakukan oleh nelayan dari Tanjung Balai Asahan tersebut tidak seharusnya dilakukan.

‘’Ya, ada benarnya efek jera diberikan. Yang jelas rasa nyaman dan aman bagi nelayan kita itu perlu. Karena selama ini keluhan masyarakat sudah banyak sekali,’’ ujarnya.

Plt Gubri mengaku, hasil laut Rohil memang sangat besar. Tak hanya ikan, melainkan kerang juga sangat besar dan terkenal sampai ke manca negara. Hal inilah yang menjadi rebutan nelayan mencari bahkan mencuri hasil laut di Rohil.

‘’Potensi laut Rohil susah terkenal. Bahkan dunia mengaku Bagansiapi api penghasil ikan terbesar. Ini harus kita jaga, jangan pula kena curi. Kalau ini bisa dijaga dengan baik pasti nelayan kita bisa sejahtera,’’ pungkasnya. iin